<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah menghafal Al Qur’an\r\nmembutuhkan kemampuan self regulated learning (pengaturan diri dalam belajar)\r\nyang baik. Perkembangan kognitif pada masa remaja berada pada level tertinggi,\r\nhal ini menunjang siswa untuk menyerap dan mengingat hafalan Al Qur’an\r\ndengan baik. Adanya self regulated learning dapat membantu siswa program\r\ntahfidz di MA Al Muayyad Surakarta dalam mengatur pola belajarnya sendiri\r\nsekaligus bertanggung jawab terhadap apa yang ia pelajari. Namun kenyataan\r\nyang terjadi, siswa penghafal Al Qur’an masih belum sadar akan tuntutan hafalan\r\ndan tanggung jawab yang harus ia emban. Mereka masih sering membolos\r\nsekolah, belum teguh pendirian untuk segera hafal Al Qur’an, serta rasa malas dan\r\njenuh yang sering muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan\r\nantara self regulated learning dengan kemampuan menghafal Al Qur’an.\r\nPopulasi penelitian ini adalah siswa MA Al Muayyad Surakarta yang\r\nberjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode\r\nSampling Jenuh, yakni dengan mengambil seluruh populasi penelitian. Metode\r\npengumpulan datanya menggunakan metode angket,observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Pengujian analisis instrumen meliputi pengujian validitas dan\r\nreliabilitas yang menunjukkan bahwa keseluruhan butir item, yakni 30 butir item\r\nself regulated learning dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan angka\r\nkoefisien Alpha Cronbach’s sebesar 0,887. Pengujian normalitas menunjukkan\r\nbahwa kedua data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi 0,573 untuk\r\nvariabel self regulated learning dan 0,504 untuk variabel kemampuan menghafal\r\nAl Qur’an. Selanjutnya untuk pengujian linieritas menunjukkan bahwa kedua\r\nvariabel saling berhubungan dengan nilai p (deviation from linearity) = 0,414.\r\nSedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasional\r\nProduct Moment.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self regulated learning menghafal\r\nAl Qur’an siswa program tahfidz di MA Al Muayyad Surakarta dilakukan dengan\r\ncara menambah hafalan satu halaman dan melakukan takrir atau pengulangan\r\npada waktu setelah subuh dan setelah maghrib setiap harinya. Metode yang\r\ndigunakan dengan mengulang-ulang satu halaman sampai hafal, kemudian\r\ndiulang kembali per ayat. 2) Tingkat kemampuan menghafal Al Qur’an pada\r\nsiswa program tahfidz diketahui bahwa tingkat terendah dari total siswa yang\r\nberjumlah 56 anak adalah 1 juz, sedangkan tingkat tertinggi adalah 30 juz. 3)\r\nTerdapat korelasi yang positif antara self regulated learning dengan kemampuan\r\nmenghafal Al Qur’an siswa program tahfidz, dengan nilai koefisien korelasi\r\n0,387."^^ . "2015-01-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10410044"^^ . "HANNATUL MALIHAH"^^ . "NIM. 10410044 HANNATUL MALIHAH"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Text)"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN\r\nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16052 \n\nHUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN \nKEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .