eprintid: 16058 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/60/58 datestamp: 2015-05-12 02:58:37 lastmod: 2015-05-12 02:58:37 status_changed: 2015-05-12 02:58:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AJENG ROSALINDA, NIM. 10411042 title: STUDI KOMPARASI KONSEP PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Studi komparasi, konsep pembelajaran PAI, Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 note: Drs. Rofik, M. Ag, abstract: Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pengembangan kurikulum secara massif terjadi pergantian yang berulang kali, terhitung sudah lebih dari sepuluh kali, hal itu ditengarai oleh perubahan konsep dan aktualisasinya yang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga kurikulum pendidikan Indonesia harus diganti berulang kali. Namun yang menarik untuk ditelaah adalah kurikulum KTSP dan kurikulum 2013, yang masih relevan jika dibandingkan dan dibahas. Khususnya menyangkut dengan mata pelajaran PAI, sebab diantara kedua kurikulum tersebut cara pembelajaran PAI terjadi pergeseran yang signifikan, mulai dari waktu sampai materi yang diajarkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang konsep pembelajaran PAI pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber penelitian dalam penelitian ini adalah UU tentang SISDIKNAS dan peraturan pemerintah yang menyangkut tentang kurikulum. Metode pengumpulan dengan cara mencari informasi melalui, buku, literature, koran, internet. Konsep pembelajaran pada Kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terdapat pada standar proses kurikulum tersebut. Dalam kurikulum 2006 (KTSP) yang dimaksud dengan standar proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran. Sedangkan dalam kurikulum 2013, standar prosesnya lebih bisa aktif, kreatif, dan menyenangkan. Implementasi konsep pembelajaran dalam kurikulum 2006 diantaranya: mengembangkan program tahunan, program semester, mengembangkan silabus, mengembangkan RPP dan pengembangan evaluasi penilaian yang dibuat oleh guru. Sedangkan implementasi pada Kurikulum 2013 guru berpedoman kepada Lampiran IV Permendikbud No. 81. A Tahun 2013, dimana Kurikulum 2013 mengacu kepada 8 standar pendidikan yang mengalami perubahan hanya terjadi pada 4 standar saja yaitu standar isi, standar proses,standar penilaian dan standar Kompetensi lulusan. date: 2015-02-24 date_type: published pages: 161 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AJENG ROSALINDA, NIM. 10411042 (2015) STUDI KOMPARASI KONSEP PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16058/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16058/2/BAB%20II%2C%20III.pdf