TY - THES N1 - Drs. Moch. Fuad, M,Pd., ID - digilib16061 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16061/ A1 - WARDATUN NIDA, NIM. 11410001 Y1 - 2015/02/02/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah masalah praktik tindak pidana korupsi yang terjadi di berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Menyadari kondisi tersebut, perlu adanya solusi konkret dan berkelanjutan. Dalam hal ini, Pendidikan Agama Islam bisa dijadikan alat untuk mengatasi dan mencegah tindak pidana korupsi melalui integrasi nilaiantikorupsi yang disisipkan ke dalam pembelajaran baik secara kurikuler dalam unsur materi PAI (Al-Qur?an Hadits, Akidah, Akhlak, Fiqih, dan SKI) maupun secara ekstrakurikuler. Hal tersebut telah diterapkan di SMA Negeri 7 Yogyakarta, yang mengintegrasikan nilai antikorupsi melalui pembelajaran PAI. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan integrasi antikorupsi dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 7 Yogyakarta. (2) Mengetahui metode yang digunakan guru PAI dalam menanamkan pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta, dan (3) Mengetahui hasil yang dicapai PAI dalam melaksanakan integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Pendekatan ini dipilih karena mempelajari segala tindakan dan pandangan hidup manusia yang mengintegrasikan ajaran agama dalam dirinya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta dilakukan melalui tahap: Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi. (2) Terdapat metode yang digunakan oleh guru maupun pihak sekolah dalam integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta, baik yang diterapkan dalam kegiatan kurikuler maupun yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. (3) Hasil pelaksanaan Integrasi nilai antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta diperoleh melalui terapan perilaku peserta didik. Integrasi pendidikan antikorupsi di SMA Negeri 7 Yogyakarta dilaksanakan dengan berbagai usaha dari pihak sekolah khususnya guru PAI dalam kelas dan pelaksanaan ekstrakurikuler oleh para pembina. Keduanya sudah dilaksanakan dengan baik, hanya perlu dikosistenkan dalam pelaksanaan sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Integrasi Pendidikan Antikorupsi KW - Pendidikan Agama Islam M1 - skripsi TI - INTEGRASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 214 ER -