TY - THES N1 - Drs. Moch. Fuad, M.Pd., ID - digilib16071 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16071/ A1 - ZUMROTUN NAFISAH, NIM. 11410149 Y1 - 2015/02/06/ N2 - Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa di SMA Negeri 3 Yogyakarta memiliki media pembelajaran berupa rubrik nurani kerohanian Islam dalam majalah sekolah bernama progresif, yang dikelola mandiri oleh siswa. Hal ini menarik dalam pembelajaran untuk melatih siswa mengemukakan pengetahuan agamanya, yang di arahkan pada upaya membentuk keberagamaan siswa secara umum. Penelitian ini dilakukan menggunakan subjek dan objek penelitian kualitatif, mengambil latar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data kualitatif dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu lah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan adanya rubrik nurani kerohanian Islam yaitu untuk membentengi tingkah laku siswa agar tetap pada akidah, syariat dan adab Islam. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka proses penyusunan rubrik dimulai dari membaca buku sebagai referensi, merefleksi kegiatan organisasi kerohanian Islam dan juga observasi terhadap lingkungan sekitar sekolah. Rubrik dimanfaatkan sebagai penyalur informasi pendidikan agama Islam yang bersifat umum tetapi mendasar. Artinya, nilai-nilai kehidupan yang dekat dengan siswa mencair dengan pengetahuan-pengetahuan agamanya. Kehidupan sehari-hari siswa bisa diorientasikan pada muatan yang ada dalam rubrik. 2) Pengaruh adanya rubrik tersebut terhadap ibadah mahdhah siswa yaitu terjadi peningkatan dalam melaksanakan shalat wajib, secara rutin mengerjakan shalat dhuha, shalat tahajud, puasa sunnah dan membaca al-Quran setelah menghayati setiap tema yang termuat dalam rubrik. Kemudian ibadah ghairu mahdhah siswa yaitu memiliki kesungguhan belajar karena Allah swt, tolong menolong, melakukan yang terbaik seperti memperbaiki niat untuk mencapai ridha Allah swt. Siswa juga memiliki kesadaran-kesadaran akan tercelanya berbuat sombong, berusaha mengendalikan diri, memahami orang lain, mampu menyikapi kegagalan serta optimis. Hal ini merupakan bentuk kesalihan sosial yang dimiliki siswa. Hal-hal tersebut diperoleh terlebih karena termotivasi dengan muatan rubrik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Rubrik Nurani KW - Majalah Progresif M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN RUBRIK NURANI KEROHANIAN ISLAM PADA MAJALAH PROGRESIF DALAM MEMBENTUK KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 170 ER -