TY - THES N1 - Dr. Eva Latipah, M.Si., ID - digilib16073 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16073/ A1 - MUDRIKAH, NIM. 11410154 Y1 - 2015/02/10/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwa buku teks merupakan sarana dan media bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan dan kepribadiannya. Penyajian buku yang sesuai dengan psikologi perkembangan dapat mempengaruhi pemikiran dan kepribadian peserta didik menuju masa dewasa yang sehat. Fakta yang ada di masyarakat, masih bayak ditemukan sederetan kasus remaja awal yang melakukan tindakan kriminal dan amoral. Salah satu solusi untuk membantu permasalahn tersebut adalah dengan penyajian buku teks yang sesuai psikologi perkembangan. Kemendikbud telah menerbitkan buku teks PAI dan Budi Pekerti sebagai buku acuan peserta didik dan guru secara nasional dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanan kesesuaian materi buku PAI dan Budi Pekerti ditinjau perspektif psikologi perkembangan dimensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Penulisan ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis isi buku PAI dan Budi Pekerti berdasarkan perspektif psikologi perkembangan dimensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan/library research, yaitu data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka. Dalam menghimpun data, penelitian ini mendapatkan dari dua macam sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan konsep psikologi perkembangan kemudian digunakan untuk menganalisis isi buku PAI dan Budi Pekerti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi yang disajikan dalam buku PAI dan Budi Pekerti untuk jenjang SMP/MTs secara umum menunjukkan kesesuaian dengan perspektif psikologi perkembangan dimensi spiritual, Sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Namun ada beberapa catatan bahwa dalam buku PAI Budi Pekerti belum ada rubrik/latihan pengembangan kepribadian individu untuk menunjang pengembangan dimensi sosial. Kemudian belum banyak materi yang berkaitan dengan masalah-masalah remaja, misalnya materi haid, istihadoh dan kesehatan reproduksi remaja. Selanjutnya dalam akurasi teori yang disajikan belum diintegrasikan dengan ilmu pengetahuan lain, sehingga mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti masih terkesan berdiri sendiri. Selain itu akurasi prosedur yang dipaparkan masih bersifat konkret operasional, belum ada unsur pemaknaan dan penghayatan terhadap materi padahal pada tahapan ini anak mulai mempunyai karakter rasa agamanya yang bersifat maknawi. Kemudian dalam buku tersebut juga belum ada problem nyata yang terjadi di masyarakat yang bisa dijadikan acuan nyata untuk peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Analisis Isi KW - Buku PAI dan Budi Pekeri KW - Psikologi Perkembangan M1 - skripsi TI - ANALISIS ISI BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK SMP KELAS VII BERDASARKAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN AV - restricted EP - 146 ER -