<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah, bahwa keberhasilan proses\r\npembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan ditentukan oleh metode yang\r\ndigunakan. Madrasah Salafiyah III Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yokyakarta,\r\nadalah salah satu lembaga pendidikan nonformal yang menggunakan metode sorogan\r\ndalam proses pembelajaran Fikih. Metode sorogan ini dianggap mempunyai peran\r\ndalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis santri. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fikih dengan metode sorogan dalam\r\nmeningkatkan kemampuan berfikir kritis santri kelas Awal serta menyebutkan faktor\r\npendukung dan menghambat kegiatan tersebut.\r\nJenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan\r\nkegiatan pembelajaran Fikih dengan metode sorogan di Madrasah Salafiyah III Al-\r\nMunawwir Yogyakarta sebagai obyek penelitian. Adapun pengumpulan data\r\ndilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis\r\ndata dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan,\r\ndari situ kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan\r\ndengan mengadakan triangulasi dengan dua model, yaitu model triangulasi teknik\r\ndan sumber.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran Fikih\r\ndengan metode sorogan di kelas Awal Madrasah Salafiyah III berjalan dengan baik.\r\nHal ini dapat dilihat dari perencanaan dan proses pelaksanaan kegiatan.(2)\r\nPelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis santri,\r\nterbukti dari beberapa santri aktif dalam mengikuti kegitan ini, dan mereka dapat\r\nmemahami materi pelajaran secara mendalam tentang hukum Islam serta dapat\r\nmeningkatkan kemampuan berfikir kritis dengan melewati beberapa indikator, yaitu\r\nmerumuskan masalah, menganalisis permasalahan, mengumpulkan informasi,\r\nmengevaluai asumsi dan informasi dan mengambil kesimpulan. (3) Faktor\r\npendukung kegiatan ini meliputi: riwayat pendidikan dan kompetensi pemahaman\r\nustadz/ustadah, kehadiran santri sebagai penentu kenaikan dan peringkat kelas,\r\ndiberlakukannya takziran atau hukuman bagi santri yang tidak mengikuti kegiatan\r\nini, dan adanya latar belakang pendidikan santri baru yang berbeda sebelum masuk\r\nke Pondok Pesantren ini. Sedangkan faktor penghambat kegiatan ini meliputi: waktu\r\npembelajaran yang sangat minim dan kurang tepat, kehadiran ustadz/ustadzah di\r\nkelas yang sering telat, minat belajar santri yang kurang tinggi, serta kesibukan\r\nmereka di luar kegiatan Pondok Pesantren."^^ . "2015-02-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410175"^^ . "NUR HIDAYATUL AULA"^^ . "NIM. 11410175 NUR HIDAYATUL AULA"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16074 \n\nPEMBELAJARAN FIKIH DENGAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SANTRI KELAS AWAL MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .