eprintid: 16081 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/60/81 datestamp: 2015-05-18 04:38:39 lastmod: 2015-05-18 04:38:39 status_changed: 2015-05-18 04:38:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BAYU FADHILATUL FITRIYAH, NIM. 11411024 title: NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM FILM GREAT TEACHER ONIZUKA PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Muqowim, M. Ag. abstract: BAYU FADHILATUL FITRIYAH. Nilai-Nilai Kepribadian Guru Dalam Film Great Teacher Onizuka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya seorang guru memiliki kepribadian yang memadai, karena guru adalah sosok yang menjadi teladan dan panutan bagi murid-muridnya. Seorang guru itu tidak hanya dilihat dari aspek keilmuan saja akan tetapi dari aspek kepribadian juga harus diperhatikan dan terus dikembangkan. Dari beberapa cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kompetensi kepribadian, salah satunya adalah dengan menggunakan media film. Film tidak hanya menjadikan hiburan, tetapi akan berpotensi untuk menularkan nilai-nilai pendidikan terhadap penontonnya. Salah satu film yang menjadikan inspirasi bagi guru adalah film Great Teacher Onizuka. Film Great Teacher Onizuka ini menampilkan sosok guru yang patut dijadikan inspirasi dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dilihat persoalan-persoalan pada zaman ke zaman ini semakin kompleks serta perkembangan kehidupan yang kian pesat. Film ini mengandung nilai-nilai pendidikan dan pesan moral terhadap penontonnya terutama bagi guru, untuk meningkatkan kompetensi kepribadiaannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam film Great Teacher Onizuka, (2) menguraikan nilai pendidikan dalam film Great Teacher Onizuka terhadap kompetensi kepribadian guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Objektif, yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada karya sastra itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Nilai-nilai pendidikan dalam film Great Teacher Onizuka meliputi: a). Amanah, b). Bijaksana, c).Peduli, d). Jujur, e). Mampu Mengendalikan Emosi, f). Pemaaf, g). Tanggung jawab, dan h). Simpatik. 2. Nilai-nilai pendidikan dalam Film Great Teacher Onizuka seperti amanah, bijaksana, peduli, jujur, mampu mengendalikan emosi, pemaaf, tanggung jawab dan simpatik mempunyai Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010 yaitu Tindakan yang sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat, pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, memiliki etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri serta penghormatan terhadap kode etik profesi guru. date: 2015-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: BAYU FADHILATUL FITRIYAH, NIM. 11411024 (2015) NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM FILM GREAT TEACHER ONIZUKA PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16081/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16081/2/BAB%20II%2C%20III.pdf