eprintid: 16082 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/60/82 datestamp: 2015-05-18 06:49:03 lastmod: 2015-05-18 06:49:03 status_changed: 2015-05-18 06:49:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR FAIZAH, NIM. 09420018 title: IMPLEMENTASI METODE IMLA’ UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS NEGERI SEYEGAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: peningkatan keaktifan siswa dalam belajar bahasa arab melalui metode imla’. note: Drs. Radjasa, M.Si, abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan metode imla’, dalam pembelajaran bahasa arab, untuk peningkatan keaktifan siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di MTs Negeri Seyegan. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa arab dan peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan metode imla’. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan dengan diawali observasi awal pembelajaran dan pra tindakan. Penerapan metode imla‟ ini lebih terpusat kepada siswa dalam proses pembelajaran, dan memberikan tugas dari materi yang didektekan oleh peneliti. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi/penilaian dari setiap hasil tugas yang diberikan. Kedua, adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa arab, aspek keaktifan siswa tersebut meliputi: menyalin teks bacaan, menulis huruf hijaiyah dengan tepat, berani menulis di papan tulis, menjawab pertanyaan dari guru, mengajukan pertanyaan kepada guru. Secara umum, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada pra tindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 39.6%, pada siklus I meningkat menjadi 61%, siklus II meningkat menjadi 74.8%, dan siklus III meningkat menjadi 92.2%. date: 2014-12-23 date_type: published pages: 123 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR FAIZAH, NIM. 09420018 (2014) IMPLEMENTASI METODE IMLA’ UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS NEGERI SEYEGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16082/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16082/2/BAB%20II%2C%20III.pdf