eprintid: 16083 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/60/83 datestamp: 2015-05-18 07:02:04 lastmod: 2015-05-18 07:02:04 status_changed: 2015-05-18 07:02:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURIZ ZAMAN HARDIYANTO, NIM. 09420031 title: METODE PEMBELAJARAN BALAGHAH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB JAUHARUL MAKNUUN BAGI SISWA INDONESIA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Balaghah, Siswa Indonesia note: Drs. Adzfar Ammar, M.A abstract: Setiap bahasa semuanya mempunyai gramatika. Mempelajari gramatika bahasa adalah modal awal untuk kita bisa menulis, membaca, dan menganalisis kalimat. Karena itulah belajar gramatika merupakan suatu kewajiban bagi pelajar bahasa dan sastra Arab. Balaghah merupakan ilmu lanjutan dari Nahwu dan Sharaf, adalah ilmu yang membahas tentang tata bahasa Arab yang di tinjau dari situasi, kondisi, dan keindahan suatu kalimat. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah 1) mengkaji bagaimana metode pembelajaran Balaghah yang sesuai dan relevan dengan menggunakan kitab Jauharul Maknuun bagi siswa Indonesia. 2) mengkaji bagaimana kompetensi guru untuk pelaksanaan pembelajaran balaghah. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yaitu memfokuskan diri pada studi kepustakaan (library research), dimana penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber yang didapat dari buku-buku dan tulisan-tulisan ilmiah lainnya dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Hasil dari penelitian pelaksanaan pembelajaran Balaghah dalam kitab Jauharul Maknuun bagi siswa Indonesia ini adalah, 1) pembelajaran Balaghah di Indonesia harus benar-benar memahami situasi dan kondisi siswa, dengan dibantu media yang bisa menunjang pemahaman siswa terhadap Balaghah, dan didukung dengan disiplin ilmu lain untuk mempermudah pembelajaran, 2) latar belakang pendidikan dan kompetensi guru yang fokus terhadap bahasa dan sastra Arab, akan lebih kompeten sebagai tenaga pengajar Balaghah. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah proses pembelajaran Balaghah untuk siswa di Indonesia harus benar-benar ditunjang dengan media dan metode pembelajaran yang memiliki tujuan dan proses pembelajaran jelas, dan yang memudahkan siswa memahami materi, selain itu kompetensi guru juga akan menunjang keberhasilan pembelajaran, seperti latar belakang fokus pendidikan guru terhadap bahasa dan sastra Arab, memiliki standar kompetensi guru nasional, dan menguasai gramatika bahasa Arab. date: 2015-02-05 date_type: published pages: 103 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NURIZ ZAMAN HARDIYANTO, NIM. 09420031 (2015) METODE PEMBELAJARAN BALAGHAH DENGAN MENGGUNAKAN KITAB JAUHARUL MAKNUUN BAGI SISWA INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16083/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16083/2/BAB%20II%2C%20III.pdf