TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.A, ID - digilib16090 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16090/ A1 - EVI DWI FAHROTUN NISA, NIM. 11420012 Y1 - 2015/01/26/ N2 - Evi Dwi Fahrotun Nisa. Studi Komparasi Antara Strategi Tipe STAD dan Jigsaw dalam Pembelajaran Maharah Qira?ah Pada Kelas VII MTs N Lab UIN Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara strategi STAD dan Jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira?ah pada kelas VII MTs N Lab UIN Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 pada materi Al-Alwaan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Lab UIN Yogyakarta sebanyak tiga kelas yaitu kelas VII A ( sebagai kelas eksperimen 1), kelas VII B ( sebagai kelas eksperimen 2) dan kelas VII C ( sebagai kelas kontrol). Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam menghitung hasil posttest dari ketiga strategi tersebut menggunakan Uji Anova satu jalur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Arab khusunya maharah Qira?ah melalui strategi STAD dan Jigsaw, hal ini ditunjukkan dengan nilai sebesar p = 0,05 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran maharah Qira?ah melalui strategi Jigsaw lebih baik dari pada strategi STAD dapat dilihat dengan nilai rata-rata sebesar 74, 57. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci : Studi Komparasi KW - Strategi STAD KW - Jigsaw dan Maharah Qira?ah. M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI TIPE STAD DAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA?AH PADA KELAS VII MTs N LAB UIN BANTUL YOGYAKARTA 2014/2015 AV - restricted ER -