%0 Thesis %9 Skripsi %A JAUHARA SA’ADATI, NIM. 10420017 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16097 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %T EFEKTIVITAS PEMBELARAN AL-KALĀM MENGGUNAKAN BUKU SILSILATU TA’LĪM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH “AL-TA’BĪR”DI MTS DARUL QUR’AN WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015. %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16097/ %X TARBIYYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku Silsilatu Ta’līm Al Lughah Al ‘Arabiyyah “Al-ta’bīr” dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII A MTs Darul Qur’an Wonosari Gunungkidul. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya Al-Kalām bagi kalangan guru maupun siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi. Adapun proses analisis data dengan menggunakan analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan buku Silsilatu Ta’līm Al Lughah Al ‘Arabiyyah “Al-ta’bīr” di keas VIII A adalah melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evauasi. Tahap persiapan meliputi Pada tahap persiapan ini guru mempersiapkan materi yang ada dalam buku Al-Ta’bīr . Selanjutnya ialah tahap pelaksanaan pada tahap yang terakhir ini yaitu tahap evaluasi, guru memberikan tes evaluasi kapada siswa di setiap akhir materi secara tertulis maupun tidak tertulis (lisan). 2) Penggunaan buku Al-Ta’bīr di kelas VIII A MTs Darul Qur’an Wonosari sudah sangat efektif. Ini terbukti dengan hasil tes evaluasi siswa yang menunjukan bahwa nilai rata-rata mereka saat post-test ( setelah menggunakan buku Al-Ta’bīr) adalah 85. Merujuk pengukuraan efektivitas menurut Suharsimi Arikunto, bahwa nilai 80-100 adalah sangat efektif. %Z Pembimbing : Prof. Dr. H. Tulus Mustofa, M.S.I