eprintid: 16098 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/60/98 datestamp: 2015-05-22 01:43:15 lastmod: 2015-05-22 01:43:15 status_changed: 2015-05-22 01:43:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MARLINA DWI ASTUTI, NIM. 11420054 title: METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL (TINJAUAN NAHWU SHARAF) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Metode Sorogan,Kitab Kuning, Nahwu Sharaf. note: Pembimbing : Nurhadi, MA abstract: Marlina Dwi Astuti, 11420054, “Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Bantul (Tinjauan Nahwu Sharaf)”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan metode Sorogan di pondok pesantren Fadlun Minalloh, sekaligus mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang disertai dengan upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Metode Sorogan ini merupakan salah satu metode tradisional yang masih diterapkan di pondok pesantren Fadlun Minalloh. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bermaksud untuk memahami tentang gejala/fenomena yang dialami oleh subyek penelitian, misalnya tentang perilaku, persepsi, maupun tindakan secara menyeluruh. Pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah, kemudian mendeskripsikannya dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang baku. Untuk mendapatkan data yang konkrit dalam penelitian di lapangan, maka penulis menggunakan penelitian studi kasus, untuk menjelaskan dan menguraikannya secara komprehensif mengenai beberapa aspek seorang individu, kelompok, organisasi/komunitas, suatu program dan situasi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan metode Sorogan ini memang sangat relevan dengan kondisi para santri, sehingga berjalan dengan lancar dan sangat mendukung santri dalam memahami kitab kuning. Dengan metode Sorogan, santri menjadi lebih aktif dalam menemukan maupun memecahkan suatu masalah, hal ini disebabkan karena proses pelaksanaan pembelajaran berjalan secara individual. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi para ustadz ketika akan menentukan metode apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran kitab kuning khususnya di pondok pesantren Fadlun Minalloh, dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca pada umumnya. date: 2015-01-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MARLINA DWI ASTUTI, NIM. 11420054 (2015) METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL (TINJAUAN NAHWU SHARAF). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16098/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16098/2/BAB%20II%2C%20III.pdf