relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16108/ title: PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015) creator: MOH. EDI KOMARA, NIM. 11420115 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Moh Edi Komara, 11420115. “Penerapan Metode Outbound Fun Game dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas X Man LAB UIN Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015)”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia masih belum sempurna. Artinya masih banyak problematika yang ditemukan seperti dari aspek pengajar, metode dan media. Dari aspek metode, guru cenderung mempertahankan metode klasiknya dibandingkan mencoba untuk mengeksplorasi berbagai macam metode yang telah banyak disarankan oleh peneliti dalam pembelajaran bahasa Arab. Kecenderungan tersebut merupakan salah satu faktor utama yang mendasari minat dan hasil belajar siswa, metode pembelajaran outbound fun game menawarkan solusi dengan konsep pembelajaran berbasis alam terbuka yang banyak mengandung unsur permainan menyenangkan dan dapat dirasakan langsung oleh siswa sehingga peningkatan minat, motivasi dan hasil belajar siswa dapat terlihat selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode outbound fun game dalam pembelajaran bahasa Arab dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode outbound fun game di kelas X MAN LAB UIN Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan 31 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji mann_whitney nilai post_tes antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai signifikansi < 5%, H1 diterima dan nilai signifikansi > 5%, H0 diterima. Nilai signifikansi mahārah al-istimā 0,001 < 5%, H1 diterima. Nilai signifikansi mahārah al-kalām 0,007< 5%, H1 diterima. Mahārah al-qirā’ah diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 5%, H1 diterima. Nilai signifikansi mahārah al-kitābah diperoleh 0,219> 5%, H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui metode outbound fun game pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X MAN LAB UIN Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. date: 2015-01-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16108/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16108/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: MOH. EDI KOMARA, NIM. 11420115 (2015) PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.