TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si ID - digilib16113 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16113/ A1 - HAFSHAH NURLAILA, NIM. 11420131 Y1 - 2015/01/26/ N2 - Hafshah Nurlaila, Telaah Bahan Ajar Mahir Bahasa Arab 1 Berbasis Kurikulum 2013 untuk Kelas X Madrasah Aliyah Program Keagamaan Karya Rowi dkk. (Tinjauan dari Segi Kelayakan Materi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan) . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari beberapa teori penyusunan bahan ajar dan mengetahui gambaran umum materi bahan ajar Mahir Bahasa Arab 1, serta mengetahui aspek penilaian penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan sesuai dengan standar mutu buku. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) atau analisis deskripsi (Description Analisys) dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar Mahir Bahasa Arab 1, telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik menurut teori Masnur Muslich dari segi kelayakan materi yaitu telah sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi: keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Sedangkan dalam teori yang dikembangkan oleh Ali Al-Qasimy, bahan ajar ini hanya memenuhi materi dasar, akan tetapi dalam materi pendukung dan khusus tidak memenuhi kriteria. Materi pendukung dan materi tertentu yang tidak memenuhi kriteria tersebut berupa tidak adanya penyajian kamus, buku latihan menulis, buku latihan bunyi, buku belajar berkala, buku tes, dan media audio yang digunakan untuk pembelajaran istima?. Bahan ajar tersebut telah memenuhi kriteria standar mutu bahan ajar yang baik dari segi aspek penilaian kelayakan penyajian, karena dalam penyusunan materinya yang sesuai dengan teknik penyajian berupa sistematika penyajian, keruntutan penyajian, keseimbangan antar-bab, begitu pula dengan penyajian pembelajaran, dan kelengkapan penyajian. Aspek penilaian kelayakan bahasa yang baik, materi disajikan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, kekomunikativan, dan keterpaduan alur berfikir. Aspek penilaian kelayakan kegrafikan yang baik, menggunakan ukuran standar buku yang sesuai, desain kulit buku (cover) yang menarik, desain isi buku yang sesuai standar mutu bahan ajar yang baik meliputi pencerminan isi buku, keharmonisan tata letak, kelengkapan tata letak, daya pemahaman tata letak, tipografi isi buku, dan ilustrasi isi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: Analisis KW - bahan ajar KW - buku teks. M1 - skripsi TI - TELAAH BAHAN AJAR MAHIR BAHASA ARAB 1 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS X MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN KARYA ROWI DKK. (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN MATERI, PENYAJIAN, BAHASA, DAN KEGRAFIKAN) AV - restricted ER -