@phdthesis{digilib16119, month = {February}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA GAME DIAGNOSIS DOKTER PINTAR BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 ?DIRIKU? DI MI/SD}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11480003 ASEP MU?MAR FAUZI}, year = {2015}, note = {Fitri Yuliawati, M. Pd. Si.,}, keywords = {Pengembangan media game diagnosis, Adobe flash CS3 professional? tematik tema 1 ?Diriku?.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16119/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R\&D (Research and Development). Prosedur penyusunan media game diagnosis dokter pintar berbasis Adobe flash CS3 professional terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development and Production, Validasi Desain, dan Uji Coba Produk. Namun pada penelitian ini prosedur pengembangan hanya sampai tahap ADD. Instrumen penilaian yang yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe flash CS3 professional ini yaitu menggunakan lembar angket. Media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer dan 2 guru kelas I dan 20 siswa terdiri dari 10 siswa MI Ma?arif Giriloyo I dan 10 siswa SDIT Ukhuwah Islamiyah melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tematik ?Diriku? berbasis Adobe flash CS3 professional telah berhasil disusun. Hasil penilaian media pembelajaran tematik ?Diriku? berbasis Adobe flash CS3 professional yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 65 dan presentase keidealan 86,67\%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan skor 55 dan presentase keidealan adalah 78,57\%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 109,33 dan persentase keidealan adalah 91,11\%. Berdasarkan penilaian 2 guru kelas I adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 112 dan persentase keidealan adalah 93,5\%, sedangkan berdasarkan respon 10 siswa kelas I MI Ma?arif Giriloyo I dan 10 siswa SDIT Ukhuwah Islamiyah adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 5,4 dan presentase keidealan 88,61\%.} }