relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16120/
title: PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
creator: RATRI WIYANI, NIM. 11480007
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi guru MI terhadap  pembelajaran tematik terpadu di MI Muhammadiyah Serangrejo. Hasil penelitian  ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru-guru di MI Muhammadiyah Serangrejo  sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan penerapan  pembelajaran tematik terpadu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih  maksimal.  Penelitian di MI Muhammadiyah Serangrejo merupakan jenis penelitian  kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi  pembelajaran tematik terpadu, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi  kurikulum MI. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan  data dalam bentuk teks yang bersifat naratif dan kemudian dilakukan penarikan  kesimpulan.  Hasil penelitian adalah mengetahui persepsi guru terhadap kurikulum 2013  serta pembelajaran tematik terpadu, penerapan pembelajaran tematik terpadu,  faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran tematik  terpadu. Persepsi guru dibagi menjadi dua yaitu guru yang belum menerapkan  kurikulum 2013 dan guru yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Pembelajaran  tematik terpadu di MI Muhammadiyah dilakukan di kelas 1 dan kelas 4. Faktor  pendukung dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu terdiri dari guru yang  sudah berkompeten, lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang sudah cukup  memadai. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan pembelajaran tematik  terpadu yaitu sosialisasi kurikulum 2013 yang masih kurang, siswa kurang aktif  dan belum lancar membaca, kurangnya komunikasi guru dengan orang tua siswa,  sumber belajar yang masih terbatas, serta ruangan kelas yang terlalu sempit.
date: 2015-02-10
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16120/1/11480007_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16120/2/11480007_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
identifier:   RATRI WIYANI, NIM. 11480007  (2015) PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.