%A NIM. 11480007 RATRI WIYANI
%O Drs. H. Sedyo Santosa, SS, M. Pd.
%T PERSEPSI GURU MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO MI MUHAMMADIYAH SERANGREJO TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
%X Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi guru MI terhadap
pembelajaran tematik terpadu di MI Muhammadiyah Serangrejo. Hasil penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru-guru di MI Muhammadiyah Serangrejo
sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan penerapan
pembelajaran tematik terpadu sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lebih
maksimal.
Penelitian di MI Muhammadiyah Serangrejo merupakan jenis penelitian
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi
pembelajaran tematik terpadu, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi
kurikulum MI. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan
data dalam bentuk teks yang bersifat naratif dan kemudian dilakukan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian adalah mengetahui persepsi guru terhadap kurikulum 2013
serta pembelajaran tematik terpadu, penerapan pembelajaran tematik terpadu,
faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran tematik
terpadu. Persepsi guru dibagi menjadi dua yaitu guru yang belum menerapkan
kurikulum 2013 dan guru yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Pembelajaran
tematik terpadu di MI Muhammadiyah dilakukan di kelas 1 dan kelas 4. Faktor
pendukung dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu terdiri dari guru yang
sudah berkompeten, lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang sudah cukup
memadai. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan pembelajaran tematik
terpadu yaitu sosialisasi kurikulum 2013 yang masih kurang, siswa kurang aktif
dan belum lancar membaca, kurangnya komunikasi guru dengan orang tua siswa,
sumber belajar yang masih terbatas, serta ruangan kelas yang terlalu sempit.
%K Persepsi Guru, Pembelajaran Tematik Terpadu.
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib16120