TY - THES N1 - Luluk Mauluah, M.Si. ID - digilib16124 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16124/ A1 - NURUL FATMAWATI, NIM. 10480016 Y1 - 2015/02/04/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya disiplin dikehidupan seharihari. Selain itu, karena belum maksimalnya penanaman disiplin peserta didik oleh anggota sekolah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan token economy dalam meningkatkan disiplin peserta didik kelas satu MI Al Mujahidin. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan token economy dalam meningkatkan disiplin peserta didik di kelas satu MI Al Mujahidin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus tersebut terdiri dari empat tahapan yang berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas satu di MI Al Mujahidin yang berjumlah enam belas anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peserta didik yang disiplin pada siklus I observasi pertama adalah 53,3%, namun pada siklus I observasi kedua turun menjadi 46,7%. Persentase peserta didik yang disiplin pada siklus II observasi pertama sebanyak 46,7% kemudian pada siklus II observasi kedua meningkat menadi 66,7%. Tingkat disiplin peserta didik meningkat dari Siklus I ke siklus II. Hal tersebut berarti penerapan token economy dapat meningkatkan disiplin peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Token Economy KW - Disiplin M1 - skripsi TI - PENERAPAN TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS SATU DI MI AL MUJAHIDIN TEMANGGUNG AV - restricted EP - 108 ER -