%0 Thesis %9 Skripsi %A ERFAN DWI PRASETYO, NIM. 10210082 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2015 %F digilib:16165 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Key Word: Retorika Dakwah, Ustadz Kuncoro, Lentera Rohani, Radio Retjo Buntung %T RETORIKA DAKWAH USTADZ KUNCORO DALAM PROGRAM LENTERA ROHANI DI RADIO RETJO BUNTUNG 99.4 FM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16165/ %X Erfan Dwi Prasetyo, 10210082, Retorika Dakwah Ustadz Kuncoro dalam Program Lentera Rohani di Radio Retjo Buntung 99.4 Fm Yogyakarta, Skripsi : Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dakwah bil lisan merupakan metode dakwah yang dilakukan oleh seorang da’i dengan menggunakan lisannya. Seiring perkembangan zaman, dakwah semakin banyak dan semakin beragam. Dakwah bil lisan dapat dilakukan dengan banyak hal, bahkan dari hal kecil seperti mengucap salam, membaca basmallah, dan lainnya. Agar ceramah dapat berlangsung dengan baik, dan dapat menyentuh hati para pendengar maka pemahaman tentang retorika menjadi hal yang penting bagi para da’i. Dari sinilah peneliti tertarik ingin meneliti tentang retorika Ustadz Kuncoro ketika melakukan ceramahnya dalam program Lentera Rohani di Radio Retjo Buntung Yogyakarta. Radio Retjo Buntung menjembatani kebutuhan masyarakat akan ajaran agama Islam melalui sebuah acara siaran yaitu Lentera Rohani. Program acara Lentera Rohani merupakan ajang silaturahmi antara para mubaligh dan para jamaah. Acara ini disiarkan secara langsung setiap hari pukul 05.00-06.00 WIB. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisis terhadap retorika dakwah yang digunakan Ustadz Kuncoro dengan menggunakan teorinya Jalaludin Rahmat mengenai retorika yang ditinjau dari susunan pesan pidato dan penggunaan persuasif. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa Ustadz Kuncoro sebagian telah menggunakan kaedah-kaedah retorika yang ada. Penggunaan komposisi pesannya adalah kesatuan, pertautan, dan penekanan. Sedangkan organisasi pesan yang digunakan adalah organisasi pesan deduktif, induktif, kronologis, dan spasial. Bentuk persuasifnya menggunakan himbauan rasional, himbauan emosional, himbauan takut, himbauan ganjaran, dan himbauan motivasional. %Z Pembimbing : Drs. Mokh Sahlan, M.Si