%0 Thesis %9 Skripsi %A UKHROWIYATUL FAUZI, NIM. 11420137 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16170 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K idiom , implementasi, pembelajaran insya %P 105 %T AL TA'BIRAT AL ISTILAHIYYAH FI AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH WA TANFIDZIHA FI TA'LIM AL INSHA' %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16170/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk idiom dalam bahasa Arab dan implementasinya terhadap pembelajaran insya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam pembelajaran idiom. Karena belum ada yang secara khusus membahas tentang idiom dalam pembelajaran insya.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini. Jenis penelitian ini adalah Library research ( penelitian kepustakaan ), dengan acuan buku yang utama adalah karangan Basyuni Imamudin yang berjudul kamus idiom bahasa Indonesia-Arab pola aktif. Hasil penelitian ini yaitu adanya idiom yang terbentuk dari jumlah ismiyah, jumlah fi’liyah dan jumlah yang di awali dengan huruf jar. Adapun metode yang tepat menurut peneliti untuk pembelajaran idiom dalam bahasa Arab yaitu dengan menggunakan metode hafalan dan praktek dalam sebuah kalimat. Implementasi idiom dalam pembelajaran insya sangat erat, karena setiap menulis karangan dalam bahasa Arab tidak akan terlepas dari penggunaan idiom. Kata kunci : idiom , implementasi, pembelajaran insya %Z Dr. Abdul Munip, M.Ag.