@phdthesis{digilib16218, month = {May}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DILENGKAPI DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP/MTs}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10600010 RIF?ATI}, year = {2015}, note = {Suparni, S.Pd., M.Pd.}, keywords = {Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Guide Inquiry, Metode Snowball Drilling, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16218/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran guide inquiry dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran guide inquiry dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperiment dengan desain post-test only control group design. Variabel yang digunakan penelitian ini meliputi variabel bebas (model pembelajaran guide inquiry dilengkapi dengan metode snowball drilling digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional digunakan di kelas kontrol), variabel terikat (motivasi dan hasil belajar siswa), dan variabel yang dikontrol (guru, waktu dan materi yang disampaikan). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive, diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket motivasi, soal post-test, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik parametris yaitu uji T satu pihak dengan bantuan software SPSS 16, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran guide inquiry dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar, dengan nilai signifikan sebesar 0,039 {\ensuremath{<}} 0,05. (2) model pembelajaran guide inquiry dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikan sebesar 0,003 {\ensuremath{<}} 0,05.} }