TY - THES N1 - Sintha Sih Dewanti, M. Pd. Si ID - digilib16219 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16219/ A1 - DEVI ROMEITA SARI, NIM. 10600011 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Pemahaman konsep operasi hitung pecahan yang masih kurang, pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan LCD, serta ketidaktersediaan CD pembelajaran operasi hitung pecahan di sekolah menjadi dasar dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan CD pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep berbantuan SWiSH Max melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada pokok bahasan operasi hitung pecahan pada siswa SMP yang berkualitas, (2) validitas CD pembelajaran matematika dilihat dari penilaian ahli materi dan media, (3) kepraktisan CD pembelajaran matematika dilihat dari respon siswa dan (4) keefektifan CD pembelajaran matematika dilihat dari hasil posttest siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Desain pengembangan yang digunakan mengadaptasi desain pengembangan Luther yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu pengonsepan, pendesainan, pengumpulan materi, pembuatan, dan pengujian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa dan lembar posttest. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII MTs Negeri Seyegan Sleman yang mengikuti pembelajaran menggunakan CD pembelajaran matematika yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) CD pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep merupakan CD pembelajaran matematika berkualitas dengan melalui lima tahapan pengembangan. Pertama, pengonsepan (menentukan tujuan pengembangan, pengguna produk, membuat peta konsep). Kedua, pendesainan (menentukan program yang digunakan, membuat storyboard). Ketiga, pengumpulan materi (operasi hitung pecahan, pemahaman konsep, tahapan Pendekatan Keterampilan Proses, gambar, suara, musik). Keempat, pembuatan (membuat CD pembelajaran dengan SWiSH Max. Kelima, pengujian (tahap pengujian alpha dan beta), (2) validitas dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 49 (81,67%) dan ahli media sebesar 31 (81,11%) dengan kriteria ?sangat baik?; (3) kepraktisan dilihat dari respon siswa sebesar 68,32 (85,40%) dengan kriteria ?sangat baik?; dan (4) keefektifan dilihat dari rata-rata posttest sebesar 90,98 yang setara dengan 3,64 (A-) dengan persentase sebesar 93,55% dengan kriteria ?sangat efektif?. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: CD pembelajaran matematika KW - pemahaman konsep KW - SWiSH Max KW - pendekatan keterampilan proses KW - operasi hitung pecahan M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP AV - restricted ER -