eprintid: 16219 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/62/19 datestamp: 2015-07-02 01:45:47 lastmod: 2015-07-02 01:45:47 status_changed: 2015-07-02 01:45:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DEVI ROMEITA SARI, NIM. 10600011 title: PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: CD pembelajaran matematika, pemahaman konsep, SWiSH Max, pendekatan keterampilan proses, operasi hitung pecahan note: Sintha Sih Dewanti, M. Pd. Si abstract: Pemahaman konsep operasi hitung pecahan yang masih kurang, pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan LCD, serta ketidaktersediaan CD pembelajaran operasi hitung pecahan di sekolah menjadi dasar dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan CD pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep berbantuan SWiSH Max melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada pokok bahasan operasi hitung pecahan pada siswa SMP yang berkualitas, (2) validitas CD pembelajaran matematika dilihat dari penilaian ahli materi dan media, (3) kepraktisan CD pembelajaran matematika dilihat dari respon siswa dan (4) keefektifan CD pembelajaran matematika dilihat dari hasil posttest siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Desain pengembangan yang digunakan mengadaptasi desain pengembangan Luther yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu pengonsepan, pendesainan, pengumpulan materi, pembuatan, dan pengujian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa dan lembar posttest. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII MTs Negeri Seyegan Sleman yang mengikuti pembelajaran menggunakan CD pembelajaran matematika yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) CD pembelajaran matematika berbasis pemahaman konsep merupakan CD pembelajaran matematika berkualitas dengan melalui lima tahapan pengembangan. Pertama, pengonsepan (menentukan tujuan pengembangan, pengguna produk, membuat peta konsep). Kedua, pendesainan (menentukan program yang digunakan, membuat storyboard). Ketiga, pengumpulan materi (operasi hitung pecahan, pemahaman konsep, tahapan Pendekatan Keterampilan Proses, gambar, suara, musik). Keempat, pembuatan (membuat CD pembelajaran dengan SWiSH Max. Kelima, pengujian (tahap pengujian alpha dan beta), (2) validitas dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 49 (81,67%) dan ahli media sebesar 31 (81,11%) dengan kriteria “sangat baik”; (3) kepraktisan dilihat dari respon siswa sebesar 68,32 (85,40%) dengan kriteria “sangat baik”; dan (4) keefektifan dilihat dari rata-rata posttest sebesar 90,98 yang setara dengan 3,64 (A-) dengan persentase sebesar 93,55% dengan kriteria “sangat efektif”. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DEVI ROMEITA SARI, NIM. 10600011 (2015) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP BERBANTUAN SWiSH Max MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16219/2/10600011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16219/1/10600011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf