TY - THES N1 - Mulin Nu?man, M.Pd ID - digilib16221 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16221/ A1 - LAELINATUL CHOERIYAH, NIM. 10600070 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Concept Mapping lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain Nonequivalent Control Gruop Design. Variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan Concept Mapping, sedangkan variabel terikatnya pemahaman konsep dan komunikasi matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dengan mengambil 2 kleas dari 5 kelas secara acak. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep dan komunikasi matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan (1) model pembelajaran NHT dengan Concept Mapping lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Concept Mapping lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematika. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Keyword: Numbered Heads Together KW - Concept Mapping KW - Pemahaman Konsep KW - Komunikasi Matematika M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN CONCEPT MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA AV - restricted ER -