%0 Thesis %9 Skripsi %A TITIK KUSYATIN, NIM. 11600037 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:16224 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata kunci : Matematika Nalaria Realistik (MNR), Kemampuan Pemecahan Masalah, Sikap Motivasi Belajar. %T “EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN” %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16224/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan dua variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal pretes-postes, lembar skala sikap, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, RPP, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji T dan nonparametrik berupa uji U. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. %Z Suparni, M.Pd