TY - THES N1 - Drs. Misbah Ulmunir, M.Si ID - digilib16272 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16272/ A1 - KHAFIDOTUL QIROMAH, NIM. 11470142 Y1 - 2015/02/10/ N2 - Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui mengetahui upaya supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik di Sekolah Dasar Kecamatan Bruno. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi pendidikan di Sekolah Dasar kecamatan Bruno. Layanan terhadap pendidik merupakan penentu keberhasilan dalam proses pendidikan, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Layanan yang diberikan terhadap pendidikan yaitu berupa layanan supervisi. Penelitian dilaksanakan di kantor UPT P dan K Dikbudpora Kecamatan Bruno Purworejo Jawa Tengah, dengan mengambil subyek penelitian Supervisor Pendidikan, Guru atau pendidik di sekolah Dasar, Peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengambil latar belakang pelaksanaan pengawas sekolah sebagai supervisor pendidikan. Semuanya akan diteliti secara mendalam dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif kualitatif dengan menyajikan data yang diperoleh oleh peneliti dengan menggunakan bentuk tulisan dan gambar serta penjelasan yang sesuai dengan keadaan yang dialami atau apa adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Upaya yang dilakukan supervisor dalam meningkatkan mutu bidang akademik sudah cukup baik dan berjalan dengan lancar dalam melakukan pembinaan, hal ini terjadi dikarenakan supervisor melakukan tugasnya sesuai dengan prosedural yang sesuai dengan konsep dan dasar supervisi, serta pengembangan guru telah diusahakan oleh supervisor dengan mengikut sertakan guru mengikuti kegiatan akademik di luar sekolah seperti seminar dan diklat. (2). Faktor pendukung pelaksanaan supervisor yaitu adanya motivasi yang tinggi dalam diri supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan, peran aktif guru ketika pelaksanaan kunjungan kelas maupun pendampingan, gedung pembelajaran yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Faktor penghambatnya yaitu beban supervisor terlalu banyak bukan hanya melakukan supervisi akademik saja, tetapi juga supervisi manajerial, beban kerja terlalu banyak dengan harus melakukan pengawasan di 28 sekolah dasar serta TK dan MI, letak sekolah telalu jauh dari perkotaan dan sulitnya jalan menuju sekolah: Kata kunci : Supervisi Pendidikan, Peningkatan Mutu Bidang Akademik PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Supervisi Pendidikan KW - Peningkatan Mutu Bidang Akademik M1 - skripsi TI - UPAYA PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU BIDANG AKADEMIK KECAMATAN BRUNO PURWOREJO JAWA TENGAH AV - restricted EP - 146 ER -