@phdthesis{digilib16289, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPTIKA GEOMETRIS BAGI SISWA SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 07690043 NINA HIDAYAH}, year = {2015}, note = {Drs. Murtono, M.Si.}, keywords = {Kata kunci: pembelajaran fisika, multi representasi, penguasaan konsep, optika Geometris}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16289/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran fisika berbasis multi representasi pada materi optika geometris dan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran fisika berbasis multi representasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Banguntapan kelas X ada tujuh kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas X7 dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes penguasaan konsep, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran fisika berbasis multi representasi pada materi optika geometris dikembangkan dengan menggunakan model IDI (Instructional Development Institute) yaitu meliputi tahap define, develop, dan evaluate; (2) Pembelajaran fisika berbasis multi representasi pada materi optika geometris menunjukkan kategori sangat baik; (3) Peningkatan penguasaan konsep menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,73 artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa yang signifikan.} }