%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD SOLEH, NIM. 07470055 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16306 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Pengawas, kompetensi %P 128 %T PERAN PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16306/ %X Penelitian ini berangkat dari persoalan perkembangan dan kemajuan pendidikan dimana kompetensi professional guru menjadi penting untuk ditingkatkan. Sedangkan peran pengawas madrasah cukup signifikan dalam mengatasi problem-problem yang dihadapi guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kompetensi professional guru PAI di MAN Lab UIN Yogyakarta masih cukup lemah yaitu tentang pemahaman mengenai konsep, struktur dan metode keilmuan materi ajar dan juga hubungan konsep antar materi ajar terkait. Adapun indikasi dari penguasaan kompetensi profesional hanya pada aspek persiapan bahan ajar seperti menyiapkan RPP sebelum proses pembelajaran sudah dilakukan oleh guru PAI. Selain itu, lolosnya guru PAI dalam ujian sertifikasi juga menjadi bukti tertulis sebagai guru profesional. Kedua, Peran pengawas dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI cukup signifikan terutama ketika guru PAI menghadapi problem-problem pembelajaran baik yang berkaitan dengan penyusunan RPP maupun pengaplikasian metode yang akan digunakan. Dalam hal ini pengawas melakukan tugasnya dari aspek akademik yaitu membina kemudian mengarahkan guru PAI. Pengawas juga selalu menginformasikan kepada guru PAI baik itu tentang beasiswa maupun info lainnya. Peran pengawas juga terlihat dari diikutsertakannya guru PAI dalam berbagai kegiatan peningkatan mutu pendidik seperti lokakarya, seminar, workshop, diskusi dan lain-lain. Kunjungan kelas dan kunjungan madrasah juga menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pengawas. Kunjungan tersebut dapat memotivasi para guru PAI untuk meningkatkan komptensi profesionalnya. Ketiga, Faktor pendukung keberhasilan peran pengawas adalah kedisiplinan guru, kemampuan pengawas dalam memotivasi, komunikasi yang baik antara pengawas dengan guru PAI serta kepala sekolah, dan sarana prasarana yang tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah banyaknya wilayah kerja atau binaan, banyaknya kewajiban memenuhi berbagai bentuk administratif, dan minimnya waktu kunjungan. %Z Drs. Suismanto, M.Ag