eprintid: 16307 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/63/07 datestamp: 2015-07-23 07:12:47 lastmod: 2015-07-23 07:12:47 status_changed: 2015-07-23 07:12:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NIRMAN, NIM. 10470029 title: PENDIDIKAN PEREMPUAN MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI (Kajian Buku “Filsafat Perempuan Dalam Islam”) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Perempuan, Murtadha Muthahhari, Filsafat Perempuan Dalam Islam note: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag. abstract: Di tengah-tengah kehidupan masyarakat modern ini, sangat beragam budaya, tradisi, pengetahuan, agama, bahkan ideologi mudah ditransformasikan dalam bentuk media yang semakin terjangkau oleh siapapun. Beragamnya tokoh yang mengkaji feminisme dari Barat, dan bertambahnya reaksi wacana feminisme di Indonesia, maka perlu ada kajian permasalahan isu keperempuanan ini dari pendapat tokoh-tokoh intelektual Muslim. Murtadha Muthahhari dikenal sosok yang mampu membedah masalah dari pendekatan problematika, wahyu, hadis, dan pendekatan filosofis. Inilah yang menjadi urgensi pembahasan soal keperempuanan perlu kita kaji pemikiran tokoh Muslim seperti Murtadha Muthahhari. Studi ini merupakan jenis library reseach (penelitian kepustakaan) berupa kajian buku, adapun model analisis data yang digunakan adalah deskriptik-analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa, konsep pendidikan perempuan meliputi: pertama, pendidikan fisik. Pendidikan fisik penting diberikan kepada perempuan sebab tugasnya biologisnya menuntut perempuan mengerti dan mempersiapkan dirinya seperti tentang haid, melahirkan, menyusui, dll. Kedua, pendidikan intelektual dan seni. Dengan kematangan intelektual perempuan diharapkan mampu bersikap obyektif dalam segala hal dan mampu menikmati faedah ilmu pengetahuan. Dengan seni perempuan akan mampu mengolah rasa dan meningkatkan cita estetikanya. Ketiga, pendidikan moral yaitu moralitas berpakaian, bersikap, serta menjaga kemuliaan dan kehormatannya sebagai perempuan. Sedangkan metode yang tepat untuk pendidikan tersebut adalah metode Hidden Curriculum, Lecturing, Active Learning, dan bisa melalui merubah ilustrasi buku, papa, dll yang berperspektif gender dalam pemahaman Islam. Sedangkan nilai-nilai yang terdapat pada buku “Filsafat Perempuan dalam Islam” antara lain yaitu nilai tauhid, nilai kebersamaan antara laki-laki dan perempuan, nilai tanggungjawab, dan nilai “egalitas” yang menolak “ekualitas”. Keyword: Pendidikan Perempuan, Murtadha Muthahhari, Filsafat Perempuan Dalam Islam date: 2015-02-10 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NIRMAN, NIM. 10470029 (2015) PENDIDIKAN PEREMPUAN MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI (Kajian Buku “Filsafat Perempuan Dalam Islam”). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16307/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16307/2/BAB%20II%2C%20III.pdf