%0 Thesis %9 Skripsi %A SAMSUL ARIFIN, NIM. 11421004 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16310 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Amal Isim, Orang non-Arab, Metode pembelajaran isim-isim yang menyerupai fi’il %P 118 %T AL ASMA' AL LATI TA'MIL 'AMAL AL FI'L FI AL 'ARABIYYAH WA TARIQAH TA'LIMIHA LI GHAYR AL NATIQIN BIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MADAH WA AL TARIQAH) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16310/ %X Penelitian ini bertujuan mengupas tuntas tentang seluk beluk isim yang mempunyai amal seperti fi’il, pada umumnya isim hanya diartikan sebagai kata benda dan tidak berhubungan dengan waktu tertentu, Tetapi ada isim-isim yang mempunyai amal seperti fi’il maka terikat dengan waktu. Dari sini kita dapat melihat kesenjangan antara arti isim secara mutlak dan isim-isim yang ternyata mempunyai amal seperti fi’il. Penelitian ini juga membahas metode atau cara yang sesuai dalam mengajarkan isim-isim yang mempunyai amal seperti fi’il kepada orang Non-Arab. Jenis penelitian ini adalah Library research (Penelitian kepustakaan), dengan menggunakan kitab-kitab nahwu klasik dan kontemporer, di antaranya : Kitab ”Jamiu’ Durus Al-Arobiyah” karangan Musthofa AL-Gholayini, kitab “Al- Wadih Fii An-Nahwi” karangan Muhammad Khoirul Halwani, dan kitab-kitab lain yang relevan dengan skripsi ini. Metode analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data. Hasil penelitian ini yaitu Jumlah Isim-isim yang menyerupai Fi’il dalam Amal ada Enam, yaitu : Isim Fi’il, Masdar Dan Isim Masdar, Isim Fa’il, Isim Maf’ul, Sifat Musyabbahah, dan Isim Tafdhil. Metode pembelajaran isim-isim ini yang sesuai bagi orang Non-Arab yaitu dengan Metode Induksi yang memaparkan contoh-contoh terlebih dahulu kemudian kaidah, metode ini sesuai karena langkah pembelajarannya sistematis dan memudahkan pemahaman pemula bahkan Non- Arab karena didahului dengan contoh sebelum kaidah. Kata Kunci : Amal Isim, Orang non-Arab, Metode pembelajaran isim-isim yang menyerupai fi’il %Z tulus Mustofa, Lc., MA