%A NIM. 11411028 RAHMAT DAHRI %O Dr. Usman, SS,. M.Ag. %T STUDI PERBANDINGAN PENDIDIKAN ANTARA PENDIDIKAN SOSIALISME MARXISME DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %X RAHMAT DAHRI.Studi Perbandingan Pendidikan antara Pendidikan Sosialisme Marxisme dan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah berbagai persoalan pendidikan yang terjadi di Indonesia.Masalah-masalahpendidikan yang terjadi didasari karena adanya kepentingan dalam proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga arah dan tujuan pendidikan telah berubah sesuai dengan kepentingan pengendali pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan atau konsep pendidikan yang mampu menghambat laju pendidikan kapitalis.Dengan membandingkan pendidikan Sosialisme Marx dengan pendidikan agama Islam, terbentuk sebuah model pendidikan berbasis masyarakat yang lebih humanis dan fleksibel dalam proses penyelenggaraanya. Sehingga dapat menghambat laju pendidikan kapitalisme di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil pokok bahasan pendidikan Sosialis sebagai model pendidikan perlawanan terhadap model pendidikan kapitalis yang bias. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mencari data-data yang relevan dengan bahasan penelitian ini dari berbagai sumber. Penelitian ini membahas tentang model pendidikan kritis yang diharapkan mampu menghalangi laju kapitalisme pendidikan, Dengan menggunakan pendidikan Islam yang kritis, penulis telah menganalisa pendidikan Sosialisme Marx, dengan mempertemukan kedua model pendidikan ini dilihat dari tujuan dan proses pembelajaran. Kedua model pendidikan ini pada arah perkembanganya dengan membandingkan dengan model pendidikan kapitalis, telah membentuk sebuah model pendidikan yang lebih humanis. Penelitian ini membahas dua bahasan pokok yaitu, menjelaskan seperti apa konsep dasar pendidikan Sosialis Marx serta perbandinganya dengan pendidikan agama Islam, dari analisis datadata yang diperoleh, penelitian ini menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pendidikan Sosialis Marx adalah pendidikan kritis sebagai upaya perlawanan dalam kapitalisme pendidikan, pendidikan Sosialis Marx mengarahkan pendidikan dalam keadilan antara masyarakat miskin dan kaya, serta pembebasan arah pendidikan dari hegemoni para pemilik modal. Penelitian ini juga menunjukan adanya kesamaan atau relevansi tujuan serta metode pendidikan Sosialis Marxis dengan pendidikan agama Islam dimana keduanya mengharapkan model pendidikan yang adil, jujur serta membawa misi sosial dalam pembentukan peradaban manusia yang humanis. Kedua model pendidikan tersebut bisa digunakan sebagai pendidikan perlawanan terhadap model pendidikan kapitalis yang semakin berkembang saat ini. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16354