eprintid: 16359 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/63/59 datestamp: 2015-07-27 01:16:32 lastmod: 2015-07-27 01:16:32 status_changed: 2015-07-27 01:16:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIYANTO, NIM. 11411009 title: TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : guru PAI, brandingself peserta didik, ekstrakurikuler note: Dr. Sabarudin, M.Si. abstract: Riyanto, “Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Islam Dalam membangun Brandingself Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini berawal dari brandingself (citra diri) peserta didik di lembaga pendidikan yang kurang diperhatikan oleh para guru, terlihat dari realitasnya masih adanya dualism peserta didik dalam pembelajaran, seperti peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah standar kompetensi, disamping itu ada juga peserta didik yang mendapatkan nilai sempurna hingga dapat mengikuti perlombaan dalam meraih prestasinya ditingkat nasional maupun internasional. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi tanggung jawab para guru, khususnya guru PAI di lembaga pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat karena nilai-nilai Islam dalam masyarakat masih menjadi panutan. Berawal dari masalah tersebut, para guru PAI di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul berusaha membangun brandingself (citra diri) peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan tanggung jawab guru PAI, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil dari tanggung jawab guru PAI dalam membangun brandingself peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan: Tanggung jawab guru PAI dalam membangun brandingself peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul adalah membentuk karakter pesertadidik, mengelolah kompetensi peserta didik, dan mempertahankan karakter dan kompetensi peserta didik tersebut. Faktor pendukung dan penghambatnya adalah kesadaran guru PAI, keinginan peserta didik, partisipasi kepala sekolah dan para guru, dukungan orang tua peserta didik dan masyarakat, banyak kegiatan yang dilibatkan kepada peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah tabrakan waktu dengan kegiatan lain, keterbatasan guru PAI, pilihan peserta didik yang terbatas, dan aturan teknis yang kurang jelas pada perlombaan MTQ cabang CCA. Hasil guru PAI dalam membangun brandingself peserta didik di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul adalah meningkatnya nilai brandingself peserta didik, potensi peserta didik, prestasi sekolah, mutu dan kualitas peserta didik, partisipasi orang tua peserta didik, kepercayaan public terhadap sekolah, dan kepercayaan pemerintah kepada sekolah. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RIYANTO, NIM. 11411009 (2015) TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16359/2/11411009_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16359/1/11411009_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf