<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM"^^ . "MIFTAHUR ROHMAH. Implementasi Tafakur dalam Pengembangan Akhlakul\r\nKarimah Peserta Didik di SMP Terpadu Ma’arif Muntilan.\r\nDunia pendidikan di Indonesia pada saat ini tengah mengalami krisis\r\nmoral para pelajar. Hal ini terjadi karena dalam pendidikan agama Islam sendiri\r\nmasih ditemui banyak persoalan. Ajaran Islam hanya diajarkan lebih pada hafalan\r\nsaja, padahal dalam Islam terdapat banyak values yang dapat dipraktikkan dalam\r\nkehidupan sehari-hari, penalaran dan argumentasi berpikir kurang diperhatikan,\r\ndan penghayatan nilai-nilai agama kurang mendapat penekanan. Oleh sebab itu,\r\nperlu upaya untuk mengatasi krisis moral tersebut dengan usaha pengembangan\r\nakhlakul karimah, agar nilai-nilai akhlak yang sudah dimiliki tetap melekat pada\r\ndiri setiap individu. SMP Terpadu Ma’arif merupakan sekolah yang bernaung di\r\nbawah yayasan lembaga pendidikan NU. Sekolah ini cukup memperhatikan\r\npembinaan akhlak bagi peserta didiknya melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler\r\nkeagamaan. Beberapa hal tersebut membuat penulis merasa tertarik untuk\r\nmeneliti tentang implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah\r\npeserta didik di sekolah tersebut yang kemudian ditinjau dari perspektif psikologi\r\nIslam.\r\nMasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : konsep dan bentuk\r\nkegiatan ekstrakurikuler di SMP Terpadu Ma’arif Muntilan; implementasi tafakur\r\ndalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik; implementasi tafakur\r\ndalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik di SMP Terpadu Ma’arif\r\nMuntilan ditinjau dari perspektif psikologi Islam.\r\nPenelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan psikologi Islam.\r\nSubyek penelitiannya adalah pendidik, peserta didik, serta karyawan di SMP\r\nTerpadu Ma’arif Muntilan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan\r\nwawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep dan bentuk kegiatan\r\nekstrakurikuler di SMP Terpadu Ma’arif Muntilan terdiri dari berbagai macam\r\nkegiatan penunjang keagamaan bagi peserta didik, diantaranya hafalan Asmaul\r\nHusna, Al-Kahfi/Al-Mulk; ziarah; mabit; salat Dhuhur dan Ashar berjamaah; dan\r\npelatihan kepemimpinan. 2) Implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul\r\nkarimah peserta didik di SMP Terpadu Ma’arif Muntilan, terwujud dalam\r\nkegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di dalamnya. Sedangkan pengembangan akhlak\r\nyang ada, contohnya : sikap disiplin, empati, kebersamaan, peduli, dan lainnya.\r\n3) Implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik di\r\nSMP Terpadu Ma’arif Muntilan bila ditinjau dari perspektif Psikologi Islam,\r\nmemandang bahwa manusia memiliki tiga struktur daya jiwa yaitu aspek\r\nruhaniyah, aspek nafsiyah, dan aspek jismiah. Tiga aspek ini terkait dengan misi\r\nsekolah dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya\r\nyaitu kegiatan yang dijadikan sebagai implementasi tafakur. Tafakur ini begitu\r\npenting bagi peserta didik karena dapat menggali aspek nafsiyah-nya, khususnya\r\ndimensi aqliyah (akal) dalam mengembangkan akhlakul karimah."^^ . "2015-05-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410231"^^ . "MIFTAHUR ROHMAH"^^ . "NIM. 11410231 MIFTAHUR ROHMAH"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Text)"^^ . . . "11410231_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI TAFAKUR\r\nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK\r\nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN\r\nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #16365 \n\nIMPLEMENTASI TAFAKUR \nDALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK \nDI SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN \nDITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .