TY - THES N1 - Dr. Sabarudin, M.Si. ID - digilib16365 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16365/ A1 - MIFTAHUR ROHMAH, NIM. 11410231 Y1 - 2015/05/19/ N2 - MIFTAHUR ROHMAH. Implementasi Tafakur dalam Pengembangan Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan. Dunia pendidikan di Indonesia pada saat ini tengah mengalami krisis moral para pelajar. Hal ini terjadi karena dalam pendidikan agama Islam sendiri masih ditemui banyak persoalan. Ajaran Islam hanya diajarkan lebih pada hafalan saja, padahal dalam Islam terdapat banyak values yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, penalaran dan argumentasi berpikir kurang diperhatikan, dan penghayatan nilai-nilai agama kurang mendapat penekanan. Oleh sebab itu, perlu upaya untuk mengatasi krisis moral tersebut dengan usaha pengembangan akhlakul karimah, agar nilai-nilai akhlak yang sudah dimiliki tetap melekat pada diri setiap individu. SMP Terpadu Ma?arif merupakan sekolah yang bernaung di bawah yayasan lembaga pendidikan NU. Sekolah ini cukup memperhatikan pembinaan akhlak bagi peserta didiknya melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Beberapa hal tersebut membuat penulis merasa tertarik untuk meneliti tentang implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik di sekolah tersebut yang kemudian ditinjau dari perspektif psikologi Islam. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : konsep dan bentuk kegiatan ekstrakurikuler di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan; implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik; implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan ditinjau dari perspektif psikologi Islam. Penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan psikologi Islam. Subyek penelitiannya adalah pendidik, peserta didik, serta karyawan di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep dan bentuk kegiatan ekstrakurikuler di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan terdiri dari berbagai macam kegiatan penunjang keagamaan bagi peserta didik, diantaranya hafalan Asmaul Husna, Al-Kahfi/Al-Mulk; ziarah; mabit; salat Dhuhur dan Ashar berjamaah; dan pelatihan kepemimpinan. 2) Implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan, terwujud dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di dalamnya. Sedangkan pengembangan akhlak yang ada, contohnya : sikap disiplin, empati, kebersamaan, peduli, dan lainnya. 3) Implementasi tafakur dalam pengembangan akhlakul karimah peserta didik di SMP Terpadu Ma?arif Muntilan bila ditinjau dari perspektif Psikologi Islam, memandang bahwa manusia memiliki tiga struktur daya jiwa yaitu aspek ruhaniyah, aspek nafsiyah, dan aspek jismiah. Tiga aspek ini terkait dengan misi sekolah dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yaitu kegiatan yang dijadikan sebagai implementasi tafakur. Tafakur ini begitu penting bagi peserta didik karena dapat menggali aspek nafsiyah-nya, khususnya dimensi aqliyah (akal) dalam mengembangkan akhlakul karimah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata kunci : implementasi KW - tafakur KW - pengembangan akhlakul karimah. M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI TAFAKUR DALAM PENGEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMP TERPADU MA?ARIF MUNTILAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM AV - restricted ER -