eprintid: 16366 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/63/66 datestamp: 2015-07-27 01:29:56 lastmod: 2015-07-27 01:29:56 status_changed: 2015-07-27 01:29:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FAJRI RAHMAWATI, NIM. 11410230 title: PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: penerapan, pembelajaran outdoor, PAI. note: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd. abstract: FAJRI RAHMAWATI. Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran di sekolah, khususnya untuk mata pelajaran PAI belum bisa menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Siswa seolah dijejali teori tanpa diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Belum lagi suasana di dalam kelas yang cenderung kaku, monoton, bahkan membosankan membuat siswa tidak fokus dengan pembelajaran yang berlangsung. SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta mempunyai kurikulum kreatif yang dikembangkan untuk menyeimbangkan pengetahuan yang bersifat teori dan praktik, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan pendekatan outdoor. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran outdoor dalam mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitu guru PAI memanfaatkan kegiatan sekolah yang berbasis outdoor sebagai metode pembelajaran yaitu field trip dan metode penugasan. Penerapan pembelajaran outdoor memberikan banyak pengalaman pada siswa. Belajar pun menjadi menyenangkan dan bervariasi sehingga siswa tidak bosan. Selain itu dalam pembelajaran ini terdapat faktor pendukung seperti guru yang kreatif, antusias siswa, serta dukungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu persiapan yang cukup lama, kurangnya waktu dalam pelaksanaan, dan kurangnya pengawasan guru. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FAJRI RAHMAWATI, NIM. 11410230 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16366/2/11410230_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16366/1/11410230_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf