eprintid: 16367
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/63/67
datestamp: 2015-07-27 01:32:08
lastmod: 2015-07-27 01:32:08
status_changed: 2015-07-27 01:32:08
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: NURUL HIDAYAH, NIM. 11410228
title: IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS
DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
note: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
abstract: Nurul Hidayah. 11410228. Implementasi Konsep Tauhid Sosial M. Amien Rais di
SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta.
Pendidikan agama Islam telah diberikan kepada peserta didik sejak jenjang
pendidikan dasar. Namun, kenakalan remaja seperti bulliying, tawuran, pencurian,
pemerkosaan, dan penggunaan obat terlarang masih sering mencuat di media
massa. Fenomena ini terjadi lantaran akidah yang diajarkan di sekolah hanya
menekankan pada kemampuan peserta didik dalam memahami dan
mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar dan kegiatan ibadah diajarkan
sebagai kegiatan rutin agama dan kurang ditekankan sebagai proses pembentukan
kepribadian. Menurut M. Amien Rais, diperlukan formulasi baru mengenai
tauhid. Dengan memberikan pemahaman tauhid yang benar, diharapkan orangorang
memiliki dasar akidah yang kuat dan mampu mengaplikasikan ajaran-ajaran
tauhid dalam kehidupan nyata yang sebenarnya banyak terdapat nilai-nilai sosial
dalam tauhid itu sendiri. Amien menamakannya dengan tauhid sosial. Sebagai
seorang cendekiawan yang peduli dengan pendidikan, Amien memiliki lembaga
pendidikan dari jenjang PAUD sampai SMA. Salah satu diantaranya, yaitu SMA
Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta memiliki visi mewujudkan civitas
sekolah yang berlogika kritis, berintelegensia sosial, memiliki nilai-nilai
universalisme Islam, dan berkesadaran sebagai warga dunia. Hal-hal tersebut
membuat penulis merasa tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi
pemikiran Amien mengenai tauhid sosial di SMA yang telah didirikannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan metode deskriptif kualitatif dan
diuji keabsahannya dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan tauhid sosial
menurut M. Amien Rais adalah dimensi sosial dari tauhīdullāh (meng-Esa-kan
Allah). Kepercayaan terhadap Allah melahirkan lima paket pengertian yaitu
kesatuan ketuhanan, kesatuan penciptaan, kesatuan kemanusiaan, kesatuan
tuntunan hidup, dan kesatuan tujuan hidup. Kelima pengertian ini memiliki
prinsip religiusitas, kepercayaan, keseimbangan, persaudaraan, toleransi,
berpedoman, dan pengabdian. Tujuan dari tauhid sosial adalah untuk mencetak
manusia yang utuh, yaitu manusia yang mau berusaha memikul tanggung jawab
pribadi dan tanggung jawab sosial secara seimbang, dan untuk menghapuskan
kesenjangan yang terjadi di antara manusia sehingga tercipta tatanan hidup yang
damai, harmonis dan solid. Implementasi konsep tauhid sosial M. Amien Rais di
SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta dapat dilihat dalam perumusan
visi dan misi sekolah yang kemudian diwujudkan dalam kegiatan ekstrakurikuler
dan dievaluasi dengan rapat kerja. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang
mengusung misi tauhid sosial, diantaranya yaitu magang sosial, pembagian hewan
kurban, lembaga zakat, dan flea market.
date: 2015-05-19
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   NURUL HIDAYAH, NIM. 11410228  (2015) IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DI SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16367/2/11410228_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16367/1/11410228_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf