<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM"^^ . "ANIS SYAHIROTUL HAYAH. Studi Komparasi Teori Motivasi Belajar\r\nAl Ghazali Dan Abraham Maslow Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan\r\nAgama Islam. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas\r\nTarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa realitasnya mata\r\npelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah masih kurang diminati siswa,\r\nsehingga menyebabkan menurunnya prestasi siswa. Terdapat banyak faktor yang\r\nmenyebabkan hal itu terjadi. Salah satu faktor penyebabnya adalah lemahnya\r\nmotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus memahami hal\r\napa yang dapat memotivasi siswanya sehingga proses belajar mengajar berjalan\r\nlancar. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman bagi para pendidik dalam hal\r\npemenuhan motivasi belajar siswa. Pokok permasalahan dalam penelitian ini\r\nadalah bagaimana komparasi teori motivasi belajar Abraham Maslow dan Al\r\nGhazali, bagaiamana relevansi teori motivasi belajar Abraham Maslow dan Al\r\nGhazali terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui komparasi teori dari kedua tokoh tersebut sekaligus untuk mengetahui\r\nrelevansi teori motivasi kedua tokoh tersebut terhadap Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Adapun\r\npendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi,\r\ndimana peneliti menggunakan teori-teori psikologi dalam kajiannya. Metode\r\npengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Studi dokumentasi\r\ndilakukan terhadap sumber primer dan sekunder, berupa karya-karya tokoh\r\ntersebut dan juga tulisan terkait pemikiran tokoh yang relevan dengan penelitian.\r\nPenelitian ini menggunakan analisis-diskriptif, yaitu analisis yang ditujukan untuk\r\nmendiskripsikan atau menggambarkan pemikiran-pemikiran tokoh tersebut.\r\nHasil penelitian menunjukan: (1) Adanya persamaan dan perbedaan serta\r\nkelebihan dan kelemahan dalam teori motivasi Al Ghazali dan Abaraham Maslow.\r\nPersamaan dapat terlihat dari subjek penelitian, tujuan akhir dan pengaruh.\r\nPerbedaan terlihat dari sifat teori, fokus motivasi dan fungsi motivasi. Kelebihan\r\ndari teori motivasi Al Ghazali bersifat teosentris dan menjadikan manusia berada\r\ndalam koridor yang benar, sedangkan kelebihan dari teori motivasi Abraham\r\nMaslow yaitu menyeluruh memperhatikan aspek fisiologi dan psikologis manusia.\r\nKelemahan dari teori motivasi Al Ghazali yakni tidak antroposentris dan\r\nmembutuhkan kehati-hatian, sedangkan kelemahan teori motivasi Abraham\r\nMaslow yakni tidak teosentris dan menekankan konsistensi yang memungkinkan\r\ntidak terjadinya konsistensi. (2) Adanya relevansi teori motivasi Al Ghazali dan\r\nAbaraham Maslow terhadap Pendidikan Agama Islam. Relevansinya dapat terlihat\r\npada Tujuan Pendidikan Agama Islam melalui konsep ubudiyah dan khalifah dan\r\nmetode Pendidikan Islam yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik,\r\ndi antaranya metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, metode\r\npraktik, demonstrasi, permainan, metode targhib dan tarhib, metode kooperatif\r\ndan PAKEM."^^ . "2015-05-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410215"^^ . "ANIS SYAHIROTUL HAYAH"^^ . "NIM. 11410215 ANIS SYAHIROTUL HAYAH"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . "11410215_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR\r\nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW\r\nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #16372 \n\nSTUDI KOMPARASI TEORI MOTIVASI BELAJAR \nAL GHAZALI DAN ABRAHAM MASLOW \nSERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .