eprintid: 16375 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/63/75 datestamp: 2015-07-27 02:34:05 lastmod: 2015-07-27 02:34:05 status_changed: 2015-07-27 02:34:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MOHAMMAD KHOTIBUL UMAM, NIM. 11410210 title: KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMIKIRAN KH. M.A. SAHAL MAHFUDZ ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : KH. M.A. Sahal Mahfudz, Konsep Pendidikan Agama Islam. note: Dr. Mahmud Arif, M.Ag abstract: Mohammad Khotibul Umam, Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Pemikiran KH. M.A. Sahal Mahfudz. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Secara historis, umat Islam mengalami puncak kemajuan karena didorong oleh berkembangnya hasil karya ilmiah. Kemudian ketika umat Islam memasuki jurang kemunduran, hal tersebut selalu dibarengi dengan menurunnya karya-karya monumental hasil penemuan ilmiah. Tinjauan ini mengisyaratkan perlunya upaya melestarikan khazanah intelektual muslim terdahulu. Dengan begitu, agar dapat diketahui historisitas pemikiran mereka. Kegelisahan akademik mengantarkan penulis pada al-Marhum KH. M.A. Sahal Mahfudz. Namun demikian, oleh sebagian intelektual, membahas pemikirannya tentang pendidikan adalah sesuatu yang dipermasalahkan, karena sosoknya kurang dikenal dalam wacana pendidikan nasional. Dalam menanggapi pendapat tersebut, maka perlu pembuktian secara serius. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengungkap konsep pendidikan agama Islam dalam pemikiran KH. M.A. Sahal Mahfudz. Penelitian ini merupakan produk dari penelitian kualitatif jenis library research. Penulis menggunakan pendekatan historis-filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, termasuk penulis menentukan sumber data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan metode analisis isi, gagasan-gagasan yang ada dalam data primer dan sekunder dikonfrontasikan secara kritis. Dalam hal ini data dikaji dari gagasan yang umum, kemudian ditarik menuju gagasan yang khusus agar menghasilkan kesimpulan yang obyektif. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu; 1) apa yang melatarbelakangi pemikiran KH. M.A. Sahal Mahfudz sehingga memunculkan konsep PAI?; dan 2) bagaimana konsepnya dan relevansinya bagi pengembangan PAI dewasa ini? Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara filosofis konsep pendidikan agama Islam dalam pemikiran KH. M.A. Sahal Mahfudz dilatarbelakangi oleh pemikirannya tentang personalitas manusia dengan berbagai dimensinya, baik jasmani maupun ruhani, terutama personalitas manusia sebagai khalifatullah yang memiliki tanggungjawab mendidik dan memelihara kelangsungan hidup alam semesta. Menurutnya, pendidikan agama Islam adalah proses interaksi dari pendidik, peserta didik, dan lingkungan yang mengarah pada terbentuknya karakter islami peserta didik. Tujuannya adalah menyiapkan peserta didik yang shalih-akram. Dalam hal ini, peserta didik dipandang sebagai objek dan subjek pendidikan. Fungsi pendidik adalah sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator. Kurikulum pendidikannya harus integratif dan mampu membangun kesadaran peserta didik. Metode pendidikannya harus realistis dan evaluasinya mengacu pada dua hasil pembelajaran, yaitu: 1) mengacu pada hasil kasat mata dari proses pembelajaran (bersifat kuantitatif); dan 2) mengacu pada hasil laten yang timbul dari proses pembelajaran, seperti terbentuknya kebiasaan membaca, memecahkan masalah, dan seterusnya (bersifat kualitatif). Dengan preferensi itu, maka konsep tersebut relevan bagi pengembangan PAI dewasa ini, terutama untuk menyiapkan kader-kader umat yang mendalam ilmu agamanya (tafaqquh fiddin), profesional (salih) dan menjunjung tinggi aspek ketuhanan (akram). date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MOHAMMAD KHOTIBUL UMAM, NIM. 11410210 (2015) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMIKIRAN KH. M.A. SAHAL MAHFUDZ. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16375/2/11410210_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16375/1/11410210_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf