eprintid: 16386 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/63/86 datestamp: 2015-07-27 03:37:09 lastmod: 2015-07-27 03:37:09 status_changed: 2015-07-27 03:37:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARINA DEWI SUSILANINGSIH, NIM. 11410195 title: KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N 3 KALASAN DAN SMP N 1 PRAMBANAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Key word: Kesiapan, guru Pendidikan Agama Islam, Kurikulum 2013. note: Dr.H. Tasman Hamami, M.A. abstract: Arina Dewi Susilaningsih. Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Di Sleman (Di SMP N 3 Kalasan dan SMP N 1 Prambanan) Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Pendidikan berintikan interaksi antara pendidik dan peserta didik. Sedangkan kurikulum seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Memperhatikan kondisi pendidikan Indonesia yang belum optimal dalam mengimplementasikan pendidikan maka perubahan Kurikulum 2013 yang secara tiba-tiba memerlukan perencanaan yang matang dalam implementasinya. Dengan demikain kesiapan guru PAI itu sanga penting. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 3 Kalasan dan SMP N 1 Prambanan dengan subjek guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Madrasah Aliyah Nurul Ummah. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: langkah- langkah yang di ambil oleh kedua sekolah terhadap pemberlakuan Kurikulum 2013 yaitu mengadakan sosialisasi, mendelegasikan guru untuk mengikuti diklat, pengadaan sumber belajar, dan mengadakan MGMP, untuk proses pembelajaran dilihat dari silabus dan RPP kedua sekolah tersebut sudah siap untuk melaksanakan Kurikulum 2013, sedangkan untuk kesiapan dilihat dari indikator kesiapan GPAI dalam hal pengetahuan, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi sudah dapat dikatakan siap. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ARINA DEWI SUSILANINGSIH, NIM. 11410195 (2015) KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N 3 KALASAN DAN SMP N 1 PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16386/1/11410195_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16386/2/11410195_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf