%A NIM. 11410179 YESI AMELIA AFRIYANI
%O Dr. Hj. Sri sumarni, M. Pd.
%T KORELASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA DAN
KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
%X YESI AMELIA AFRIYANI. Korelasi Pendidikan Lingkungan Keluarga
Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar PAI siswa kelas
VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan dalam lingkup keluarga
seringkali disebut sebagai lingkungan pertama, sebab dalam lingkungan inilah
pertama-tama anak mendapat pendidikan, bimbingan, asuhan, pembiasaan, serta
latihan. Pendidikan lingkungan keluarga dan kemandirian belajar siswa
mempunyai peran yang strategis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jika
siswa mempunyai kemandirian belajar dan dukungan lingkungan keluarga yang
tinggi, maka prestasi belajar yang diraih akan menjadi baik, begitupun sebaliknya.
Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana korelasi pendidikan
lingkungan keluarga siswa dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar
PAI secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pendidikan lingkungan
keluarga dan kemandiran belajar siswa dengan prestasi belajar PAI siswa SMP
Negeri 15 Yogyakarta.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta
tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik cluster random sampling atas pertimbangan guru PAI, yaitu kelas
VIII B, VIII C, VIIII D, dan VIII E dengan jumlah sampel sebanyak 125 siswa.
Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis
validitas pada angket pendidikan lingkungan keluarga siswa menunjukkan 32
butir angket terbukti valid dan 3 butir angket tidak valid, sedangkan hasil analisis
validitas pada angket kemandirian belajar siswa menunjukkan 31 butir angket
terbukti valid dan 4 butir angket tidak valid. Untuk hasil analisis reliabilitas pada
angket pendidikan lingkungan keluarga siswa menunjukkan koefisien reliabilitas
sebesar 0,749 dan dinyatakan reliabel, sedangkan hasil analisis reliabilitas pada
angket kemandirian belajar siswa menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar
0,718 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dalam
penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dan multiple
correlation.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) pendidikan lingkungan keluarga siswa
memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar PAI. Hal
ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,177 dengan taraf signifikan
0,049, karena taraf signifikan < 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho
ditolak. 2) kemandirian belajar siswa tidak memiliki hubungan yang positif dan
signifikan dengan prestasi belajar PAI. Hal ini ditunujukkan dengan koefisien
korelasi sebesar 0,170 dengan taraf signifikan 0,057, kerana taraf signifikan >
0,05 maka dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima. 3) ada hubungan yang
signifikan antara pendidikan lingkungan keluarga siswa dan kemandirian belajar
siswa dengan prestasi belajar PAI. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi
sebesar 0,177 sementara rtabel 5% sebesar 0,176, maka dapat disimpulkan Ha
diterima dan Ho ditolak.
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib16392