eprintid: 16394 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/63/94 datestamp: 2015-07-27 06:19:03 lastmod: 2015-07-27 06:19:03 status_changed: 2015-07-27 06:19:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHIMMATUN KHASANAH, NIM. 11410177 title: PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA KELAS VII G SMP N 1 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd abstract: MUHIMMATUN KHASANAH. Pembentukan karakter religius siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas VII G SMP 1 N Imogiri Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitin ini berangkat dari keprihatinan penulis terkait masih minimnya kesadaran siswa untuk melakukan sholat dhuha di sekolah. Hal tersebut terlihat dari data presensi siswa kelas VII G. Penulis menyimpulkan, bahwa dari permasalahan tersebut terdapat gap yakni penyimpangan antara yang telah di rencanakan dari pihak sekolah dengan kenyataan, misalnya kedisiplinan siswa untuk mentaati peraturan sekolah ternyata masih cenderung rendah, buktinya masih ada siswa yg melanggarnya. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memegang peranan penting dalam membentuk karakter religius peserta didik untuk menumbuhkan akhlakul karimah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta terutama pada kelas VII G. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, dimana dengan cara mengecek pada sumber yang sama dengan cara yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Strategi pembentukan karakter religius siswa melalui strategi akademik meliputi: berdo’a bersama sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, memberikan keteladanan, menegakkan disiplin, memberikan motivasi, memberikan hadiah yang bersifat materiil maupun non materiil, memberikan sanksi, penciptaan susasana religius yang berpengaruh bagi pertumbuhan anak. (2) Strategi pembentukan karakter religius siswa melalui strategi non akademik meliputi: budaya 5S, Jum’at bersih, sholat Dhuhur, sholat Dhuha, sholat Jum’at, Shodaqoh keputrian, tadarus al-Qur’an, PBA/TPA, saling hormat dan toleransi. (3) Media yang di gunakan dalam pembentukan karakter religius siswa meliputi media visual, audio, audio visual dan multimedia. (4) Hasil Pembentukan Karakter Religius Siswa pada Kelas VII G SMP 1 N Imogiri Bantul Yogyakarta: (a) Melalui strategi akademik menunjukkan karakter siswa sudah terbentuk dengan sangat baik di lihat dari hasil rata-rata semua item sebesar 100% yang menunjukkan bahwa karakter religius siswa sangat baik, konsisten dan telah membudaya. (b) Melalui strategi non akademik siswa berkarakter sangat baik sebesar 65,67% atau sebanyak 20 siswa, menunjukkan karakter religius siswa telah membudaya. Siswa yang berkarakter baik sebesar 28,66% atau sebanyak 8 siswa, menunjukkan karakter religius siswa mulai berkembang. Siswa yang berkarakter cukup baik sebesar 5,67% atau sebanyak 2 siswa menunjukkan karakter siswa mulai terlihat. (c) Melalui media visual, media audio, media audio visual, dan multimedia telah membuktikan bahwa media dalam pembelajaran sangat efektif dalam membentuk karakter siswa. Adapun karakter yang terbentuk meliputi karakter religius, gemar membaca, mandiri, tanggung jawab, disiplin, kreatif, dan komunikatif. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHIMMATUN KHASANAH, NIM. 11410177 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA KELAS VII G SMP N 1 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16394/2/11410177_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16394/1/11410177_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf