eprintid: 16396 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/63/96 datestamp: 2015-07-27 06:23:00 lastmod: 2015-07-27 06:23:00 status_changed: 2015-07-27 06:23:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MIN ZAIDAH, NIM. 11410171 title: NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “UMAR BIN AL-KHATHAB THE CONQUEROR” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK KEBANGSAAN SISWA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. abstract: Min Zaidah. Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror” dan Relevansinya terhadap Pembentukan Akhlak Kebangsaan Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa moral bangsa Indonesia kian hari kian menurun. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pengaruh perkembangan IPTEK yang tidak dibarengi dengan kekuatan spiritual, adanya pendidikan yang hanya mementingkan materi tanpa memerhatikan aspek akhlak, kurangnya penanaman nilai-nilai akhlak yang dapat memberikan filter bagi siswa. Kisah Khalifah Umar bin Al-Khathab dapat memberi gambaran kepada siswa tentang bagaimana akhlak bangsa yang seharusnya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apa saja nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku “Umar bin Al-Khathab The Conqueror”? Bagaimana relevansinya terhadap pembentukan akhlak kebangsaan siswa? Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror”; (2) merelevansikan nilai pendidikan akhlak dalam buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror” dengan pembentukan akhlak kebangsaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian literer dengan mengambil obyek penelitian dari Buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi pendidikan. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan metode membaca dan memahami secara cermat, kemudian mengklasifikasikan data ke dalam beberapa komponen, serta menganalisis data yang ada secara menyeluruh. Analisis data dilakukan dengan content analisys (analisis isi), yaitu menganalisis isi buku terutama yang berhubungan dengan isi komunikasi, baik secara verbal maupun non verbal secara detail sehingga menemukan kandungan nilai pendidikan akhlak dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat nilai pendidikan akhlak dalam buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror”, diantaranya nilai pendidikan akhlak terhadap negara, nilai pendidikan akhlak terhadap pemimpin, nilai pendidikan akhlak terhadap simbol-simbol negara, dan nilai pendidikan akhlak terhadap masyarakat. 2) terdapat relevansi antara nilai pendidikan akhlak dalam buku “Umar bin Al Khathab The Conqueror” dengan pembentukan akhlak kebangsaan siswa ditinjau dari segi tujuan pembentukan akhlak kebangsaan, ideologi akhlak kebangsaan, sosialisasi akhlak kebangsaan, dan kriteria akhlak kebangsaan. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MIN ZAIDAH, NIM. 11410171 (2015) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU “UMAR BIN AL-KHATHAB THE CONQUEROR” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK KEBANGSAAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16396/2/11410171_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.PDF document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16396/1/11410171_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.PDF