<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH"^^ . "NOVITA EKA WULANDARI. Efektivitas Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Kesadaran Shalat Lima Waktu Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Srumbung Magelang Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah shalat adalah dasar dari pendidikan islam. Selain itu, masyarakat mengidentikkan keshalehan seseorang dari shalatnya. Ada berbagai metode yang dilakukan untuk mendidik anak untuk melaksanakan shalat. Salah satu yang efektif dan merupakan metode yang dipakai Rasulullah SAW yaitu keteladanan. Selain Rasulullah, teladan bagi anak adalah orang tua dan guru. Pembiasaan shalat dengan keteladanan Guru diterapkan di MTs Muhammadiyah Srumbung. Karena guru adalah sosok ideal yang tingkah lakukanya akan ditiru oleh siswa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah kesadaran shalat siswanya, efektivitas keteladanan guru dalam mengingkatkan kesadaran shalat, dan faktor pendukung maupun penghambatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang efektivitas keteladanan guru dalam meningkatkan kesadaran shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Srumbung dan kendala yang dihadapi. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Muhammadiyah Srumbung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan triangulasi sumber. \r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Kesadaran shalat siswa kelas VIII setelah diberi keteladanan adalah masih kurang. Dibuktikan dengan: ketika di sekolah siswa yang tertinggal shalat berjamaah tetap melaksanakan shalat. Akan tetapi shalatnya masih belum benar dan masih bercanda. Ketika dirumah, banyak yang shalatnya harus diingatkan orang tua. Tetapi, dibandingkan dengan sebelum diberi keteladanan hampir seluruh siswa kelas VIII mengalami peningkatan kesadaran shalatnya walaupun secara umum masih kurang. (2) Keteladanan guru adalah salah satu faktor yang efektif dalam peningkatan kesadaran shalat lima waktu siswa kelas VIII. Dikatanan efektif karena hampir seluruh siswa kelas VIII mengalami peningkatan kesadaran shalatnya walau tidak terlalu besar dibandingkan dengan kesadaran shalat sebelum diberi keteladanan dan masih tergolong kurang. (3) Faktor pendorong pembiasaan shalat diantaranya adalah harapan guru untuk menjadikan siswa lebih baik, ketika di rumah shalatnya tidak diawasi, pentingnya ibadah shalat, untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia yang mampu melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim. Adapun faktor penghambat pembiasaan shalat lima waktu adalah lemahnya kontrol dan figur orang tua, keterpaksaan, bercanda ketika shalat, mencari-cari alasan untuk tidak shalat, menghabiskan waktu bermain Playstation (PS), handphone, menononton televisi, bermain dengan teman, malas, dan ketidura"^^ . "2015-05-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410169"^^ . "NOVITA EKA WULANDARI"^^ . "NIM. 11410169 NOVITA EKA WULANDARI"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Text)"^^ . . . "11410169_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \r\nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \r\nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #16398 \n\nEFEKTIVITAS KETELADANAN GURU \nDALAM MENINKGKATKAN KESADARAN SHALAT LIMA WAKTU \nSISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .