TY - THES N1 - Dr. Hj. Marhumah, M.Pd. ID - digilib16403 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16403/ A1 - SITI NURHAYATI, NIM. 11410143 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Siti Nurhayati. Implementasi Pembelajaran Hadits (Kitab Riy?? A?- ??lih?n) dengan Metode Bandongan dalam Meningkatkan Keaktifan Bertanya Santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan metode bandongan di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta terutama pada pembelajaran hadits. Umumnya dengan penggunaan metode bandongan hanya ustadzah saja yang aktif dan santri hanya mendengarkan terjemah perkata dan penjelasan dari ustadzah. Berbeda pada pesantren ini yang menerapkan metode bandongan dengan cara yang unik sehingga di dalamnya terjadi suatu interaksi yang baik. Dalam proses pembelajaran terjadi tanya jawab yang menarik antara ustadzah dan santri. Dan ini berbeda dengan penerapan metode bandongan di pesantren pada umumnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan induvidu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah ustadzah dan santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran hadits (kitab Riy?? a?-??lih?n) berjalan dengan baik, santri antusias dalam proses pembelajaran hadits tersebut. Hal tersebut terlihat dari para santri mengikuti pembelajaran dari awal pembukaan hingga penutupan dan juga mereka memperhatikan penjelasan dari ustadzah mengenai materi yang disampaikan pada malam itu. 2) Penerapan metode bandongan membuat santri aktif bertanya sehingga terjadi interaksi antara ustadzah dan santri meskipun belum maksimal, karena tidak semua santri mendapatkan kesempatan bertanya pada malam itu berhubung waktu yang disediakan terbatas. 3) Faktor pendukung dalam metode bandongan yang diterapkan adalah a) adanya kompetensi pendidik, b) adanya kompetensi santri, c) sarana dan prasarana, d) minat santri, e) tempat yang memadai, sedangkan faktor penghambat dalam metode bandongan yang telah diterapkan adalah a) kegiatan di luar pondok, b) rasa mengantuk, dan c) suara ustadzah kecil. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata kunci: Implementasi pembelajaran KW - metode bandongan KW - pembelajaran hadits KW - keaktifan bertanya M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN HADITS (KITAB RIY?? A?-??LIH?N) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA (STUDI SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA) AV - restricted ER -