TY - THES N1 - Drs. Rofik, M. Ag. ID - digilib16404 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16404/ A1 - MUHAROR, NIM. 11410140 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Muharor. Penerapan Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi pada Mapel PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Wates. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya permasalahan dalam mendesain pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013 yang terjadi di SMA Negeri 2 Wates khususnya pada mapel PAI dan Budi Pekerti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan desain pembelajaran DP-PK pada mapel PAI dan Budi Pekerti dan Upaya yang dilakukan Guru PAI dan Budi Pekerti serta Kepala Sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) karena mengambil data dari lapangan yaitu SMA Negeri 2 Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMA Negeri 2 Watessudah menerapkan desain pembelajaran DP-PK sesuai prinsinya. Hal ini dilihat dalam guru melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang mencakup pencampaian kompetensi pengetahuan, seperti menekankan siswa untuk mendalami materi melalui diskusi, dalam sikap guru menumbuhkan sikap kompetitif di kelas, sertapendalaman ketika praktek pembelajaran sebagai kompetensi keterampilan. Dalam perumusan tujuan pembelajaran guru mengacu pada hasil analisis peserta didik yang telah dilakukan, semisal ketika ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai yang belum mencapai KKM, maka pembelajaran berikutnya masih bertujuan untuk pendalaman materi yang masih belum dikuasai siswa. Dalam proses pembalajaran guru menggunakan metode yang mengarahkan siswa untuk berperan aktif, seperti strategi diskusi dan permainan kartu indek. Materi yang digunakan oleh guru yakni materi yang disusun sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, misal dalam tujuan siswa mampu mengetahui kriteria orang munafik, guru menyajikan materi tentang pengertian munafik dan ciri-cirinya.Penilaian yang dilakukan yakni meliputi penilaian sikap, seperti pengamatan guru pada saat kerjasama dalam diskusi, pengetahuan seperti kemampuan dalam menjawab soal pengayaan, serta ketrampilan, misal pengamatan dalam praktek pembelajaran dan kegiatan peribadahan seperti wudlu. Sekolah dan guru mapel melaksanakan upaya untuk terlaksananya DP-PK, pihak sekolah meningkatkan sarana prasarana, melakukan kontrol terhadap proses pembelajaran, seperti melihat kekondisifan saat proses pembelajaran berlangsung, memperkaya informasi tentang perkembangan kurikulum 2013, meningkatkan kualifikasi guru. Guru memantau perkembangan siswa sebagai pedoman untuk merancang proses pembelajaran berikutnya, selain itu juga guru memilih materi yang sesuai dengan SKL dan di padukan dengan keaktualan dalam kehidupan seperti dalam penyampaian contoh perilaku mengambil kasus yang aktual. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci:Desain Pembelajaran DP-PK KW - PAI dan Budi Pekerti KW - Kurikulum 213. M1 - skripsi TI - PENERAPANDESAINPEMBELAJARAN BERBASISPENCAPAIAN KOMPETENSI (DP-PK) PADA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM IMPLEMENTASIKURIKULUM2013 DI SMA NEGERI 2WATES AV - restricted ER -