%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI ROHMANIAH, NIM. 11410130 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16411 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Keywords: Senam Otak, minat, pembelajaran Fikih %T PERAN SENAM OTAK DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X MA MADANIA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16411/ %X SITI ROHMANIAH. Peran Senam Otak dalam Meningkatkan Minat Pembelajaran Fikih di MA Madania Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masih banyaknya guru agama yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang membuat siswa mengalami kebosanan dan malas untuk mengikuti pelajaran tersebut. Dalam pembelajaran seorang guru harus bisa kreatif agar siswanya tidak mengalami kebosanan, termasuk guru di MA Madania Banguntapan Bantul Yogyakarta yang menggunakan senam otak sebagai metode mengajar pelajaran Fikih supaya tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa. Rumusan yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran senam otak dalam meningkatkan minat belajar Fikih dan apa dampak senam otak dalam pembelajaran Fikih di MA Madania Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Madania Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam terhadap siswa kelas X, guru mata pelajaran Fikih, kepala sekolah, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, yaitu dengan mengecek data ke beberapa sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Minat belajar Fikih kelas X MA Madania Banguntapan Bantul termasuk golongan sedang, (2) Pelaksanaan senam otak kelas X MA Madania Banguntapan Bantul pada pembelajaarn Fikih dilaksanakan di tengah-tengah pembelajaran ketika para siswa sudah mulai bosan dan ngantuk, (3) peran senam otak dalam meningkatkan minat belajar Fikih yaitu: meningkatkan perhatian, meningkatkan ketertarikan terhadap pelajaran Fikih, meningkatkan motivasi, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi belajar, meningkatkan percaya diri, meningkatkan kecakapan, meningkatkan pengetahuan, membuat pembelajaran lebih rileks. %Z Munawwar Khalil, SS., M. Ag