%A NIM. 11410125 DEWI MARIYATUL QIBTIYAH %O Sri Purnami, S.Pi, MA %T KEMAMPUAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA MENURUT DAVID AUSUBEL DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD SE-KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA %X Dewi Mariyatul Qibtiyah. Kemampuan Menerapkan Pembelajaran Bermakna Menurut David Ausubel Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik Guru Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang tidak bisa terpisahkan dengan pengelolaan dan pembelajaran di kelas. Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru menentukan keberhasilan dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel di kelas. Berdasarkan hasil wawancara, guru PAI SD se-Kecamatan Umbulharjo telah menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI, mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel pada mata pelajaran PAI, dan menguji secara empiris perbedaan kemampuan menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel ditinjau dari kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta yang berjumlah 20 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis chi kuadrat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1. Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat baik. 2. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta termasuk dalam kategori sangat baik. 3. Ada perbedaan kemampuan menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel ditinjau dari kompetensi pedagogik guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Hal ini dibuktikan hasil uji Chi-Square diperoleh χ2 hitung = 22.528 > χ2 tabel (df:6) = 12,59 dan  = 0,001 < 0,05. Ini mengindikasikan semakin baik kompetensi pedagogik guru maka akan semakin baik pula kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran bermakna menurut David Ausubel pada mata pelajaran PAI SD se-Kecamatan Yogyakarta. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16413