<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA"^^ . "MASITA ARUM. Mengembangkan Karakter Religius Anak Melalui\r\nPembelajaran Tematik Integratif kelas 4A di SD Muhammadiyah Demangan\r\nYogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu\r\nTarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang: sejauh ini,\r\nmasih banyak guru kelas yang lebih menekankan pada pengembangan ranah\r\nkognitif, akan tetapi sering kali mengabaikannya ranah afeksi dan psikomotorik\r\npeserta didik. Padahal jika dilihat dari tahap perkembangan anak, periode usia\r\nsekolah dasar merupakan masa pembentukan nilai-nilai sebagai kelanjutan\r\nperiode sebelumnya. Kualitas keagamaan anak pun akan sangat dipengaruhi oleh\r\nproses pembentukan atau pendidikan yang diterimanya. Oleh karena itu, selain\r\nmengembangkan ilmu pengetahuan peserta didiknya, guru kelas juga harus\r\nmampu mengembangkan karakter khususnya karakter religius peserta didik\r\ndengan cara mengintegrasikan nilai-nilai religius di dalam pembelajaran. Yang\r\nmenjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah: nilai-nilai religius apa saja yang\r\nditerapkan di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta, bagaimana cara guru\r\ndalam mengembangkan karakter religius anak melalui pembelajaran tematik\r\nintegratif kelas 4A, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan\r\npenghambatnya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di SD\r\nMuhammadiyah Demangan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmenggunakan metode observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi,\r\ntriangulasi dan analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan\r\ndata dalam bentuk bagan, tabel serta teks yang bersifat naratif dan kemudian\r\ndilakukan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai religius yang\r\nditerapkan kepada peserta didik di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta\r\nyaitu mencakup dua dimensi yaitu nilai Ilahiyah dan nilai Insaniyah. Dalam nilai\r\nIlahiyah, nilai yang sudah diterapkan di SD Muhammadiyah Demangan\r\nYogyakarta yaitu: nilai iman, nilai islam, nilai taqwa, nilai ikhlas, nilai ihsan dan\r\nnalai tawakkal. Sedangkan nilai Insaniyah yaitu nilai silaturahmi, nilai al ukhwah,\r\nnilai al musawah, nilai al adalah, nilai tawadlu’, dan nilai al munfiqun. (2) Cara\r\nguru dalam mengembangkan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran\r\ntematik integratif kelas 4A SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta adalah\r\ndengan pengintegrasian nilai-nilai religius melalui penyusunan RPP, strategi\r\npembiasaan, nasihat dan bimbingan yang diberikan guru melalui perannya dalam\r\npembelajaran sebagai fasilitator, motivator, konselor dan evaluator pada tahaptahap\r\nberlangsungnya proses pembelajaran tematik integratif. (3) Faktor\r\npendukung meliputi lingkungan sekolah, fasilitas dan sumber belajar yang\r\nmemadai serta adanya hubungan baik antara wali kelas dan orangtua peserta\r\ndidik. Sedangkan faktor yang menghambat diantaranya yaitu keterbatasan\r\nkemampuan guru, peserta didik dan penilaian yang terlalu banyak dan rumit."^^ . "2015-05-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410066"^^ . "MASITA ARUM"^^ . "NIM. 11410066 MASITA ARUM"^^ . . . . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "11410066_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A\r\nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #16428 \n\nMENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK \nMELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS 4A \nDI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .