eprintid: 16430 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/64/30 datestamp: 2015-07-28 01:59:33 lastmod: 2015-07-28 01:59:33 status_changed: 2015-07-28 01:59:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR ROCHMAN, NIM. 11410056 title: PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL MATA PELAJARAN FIQH KELAS X MIA DI MAN KLATEN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Munawwar Khalil, M.Ag abstract: NUR ROCHMAN. Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengembangan Life Skill Mata Pelajaran Fiqh Kelas X MIA di MAN Klaten.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah manusia hidup di dunia ini memerlukan pendidikan, karena dengan pendidikan, peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang berangkat dari pemahaman atau realitas kehidupan yang diperlukan dalam masyarakat, bangsa, dan negara agar tercapainya suatu tujuan pendidikan yang diinginkan. Akan tetapi pendidikan sekarang masih banyak yang menggunakan cara konvensional sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diterimanya, maka dari itu diterapkannya Pembelajaran Berbasis Proyek untuk mengembangkan life skill mata pelajaran fiqh di MAN Klaten. Yang menjadi permasalahan disini adalah bagaimana penerapan berbasis proyek tersebut, dan bagaimana persepsi siswa dalam mengembangkan life skill pada pembelajaran fiqh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran berbasis proyek dan persepsi siswa tentang pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan life skill mata pelajaran fiqh di MAN Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif diskriptif, dengan mengambil latar MAN Klaten. Populasi penelitian ini 174 siswa, pengambilan sampel ditentukan dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampelnya sebanyak 115 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil dari penelitian menunjukan: (1) penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat berjalan dengan lancar karena sudah adanya tambahan jam pelajaran menjadi dua jam pelajaran setiap minggunya selain itu dilaksanakan dengan cara pemberian pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi proyek. Sehingga pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dengan maksimal. (2) penerapan pembelajaran berbasis proyek ini mendapat tanggapan siswa yang baik, dalam mengembangkan aspek life skill pada pembelajaran fiqh, yang dibuktikan dengan responden sebanyak 28,07% responden menyatakan sangat mendukung, sebanyak 39,8% mendukung, sebanyak 29,6% beranggapan biasa saja, sebanyak 4,15% tidak mendukung, dan sisanya sebanyak 1,3% menyatakan sangat tidak mendukung pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aspek life skill. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR ROCHMAN, NIM. 11410056 (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL MATA PELAJARAN FIQH KELAS X MIA DI MAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16430/2/11410056_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16430/1/11410056_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf