eprintid: 16437 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/64/37 datestamp: 2015-07-28 02:51:08 lastmod: 2015-07-28 02:51:08 status_changed: 2015-07-28 02:51:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAH CHINTIA, NIM.11410035 title: IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Tauhid, Sosial, Pengembangan Kurikulum PAI note: Dr. H. Tasman Hamami, M.A. abstract: DIAH CHINTIA. Implementasi Konsep Tauhid Sosial dalam Pengembangan Kurikulum PAI SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di SMA yang masih bersifat formalistik, belum mampu dikontekstualisasikan dengan realitas sosial. Proses belajar-mengajarnya pun masih terbatas hanya dalam tataran pengetahuan belaka, tanpa mempersoalkan realitas sosial yang up to date, sehingga banyak kekhawatiran muncul. Kekhawatiran tersebut berkaitan dengan lulusan pendidikan agama Islam sekarang hanya akan melahirkan orang yang pandai dalam agama, namun gagap dalam realitas sosial. Maka deiperlukan sebuah formulasi dalam menghadapi permasalahan tersebut, untuk itu perlu kiranya untuk mengkonsepsikan tauhid sosial dalam kurikulum PAI di SMA. Hal itu bertujuan untuk mengetahui konsepsi tauhid sosial secara umum, serta mengimplementasikannya dalam kurikulum PAI di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Pendekkatan yag digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah hermeneutika, yang digunakan untuk mengkaji secara mendalam konsep tauhid sosial secara umum. Dengan menggunakan sumber-sumber yang relevan, baik sumber primer maupunn sumber sekunder. Adapun metode pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi data dan analysis isi. Hasil penelitian ini adalah konsep tauhid sosial yang dapat diartikan sebagai aktualisasi dan memanifestasikan elemen-elemen tauhid (ketuhanan) dengan realitas sosial. Tauhid sosial dijadikan landasan utama dalam mengkaji problem-problem sosial yang harus dipahami secara integratif antara realitas dan ketuhanan. Hal itu bertujuan untuk membentuk nalar generasi muda yang berkualtas rohani dan jasadi. Tauhid dan sosial dijadikan satu unsur dalm mengkaji fenomena-fenomena yang terjadi di dalam kehidupan ini. Adapun untuk implementasinya dalam kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di SMA dapat diketahui dari aspek-aspek yang terdapat dalam tujuan, isi, dan evaluasi. Tujuan kurikulum tauhid sosial adalah untuk membentuk kkesadaran peserta didik dalam dunia, dengan dilandasi nilai-nilai ketuhanan (agama) dan sosial (keduniaan). Isi dari kurikulum yang hendak dicapai mencakup pemahaman kegamaan dan pemahaman realitas sosial. Evaluasi tauhid sosial lebih dititiberatkan kepada kemampuan peserta didik terhadap materi-materi tauhid sosial serta kemampuan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAH CHINTIA, NIM.11410035 (2015) IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16437/2/11410035_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16437/1/11410035_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf