eprintid: 16437
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/64/37
datestamp: 2015-07-28 02:51:08
lastmod: 2015-07-28 02:51:08
status_changed: 2015-07-28 02:51:08
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: DIAH CHINTIA, NIM.11410035
title: IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM SMA
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Kata kunci: Tauhid, Sosial, Pengembangan Kurikulum PAI
note: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
abstract: DIAH CHINTIA. Implementasi Konsep Tauhid Sosial dalam
Pengembangan Kurikulum PAI SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,
2015. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya kurikulum pendidikan
agama Islam (PAI) di SMA yang masih bersifat formalistik, belum mampu
dikontekstualisasikan dengan realitas sosial. Proses belajar-mengajarnya pun
masih terbatas hanya dalam tataran pengetahuan belaka, tanpa mempersoalkan
realitas sosial yang up to date, sehingga banyak kekhawatiran muncul.
Kekhawatiran tersebut berkaitan dengan lulusan pendidikan agama Islam
sekarang hanya akan melahirkan orang yang pandai dalam agama, namun
gagap dalam realitas sosial. Maka deiperlukan sebuah formulasi dalam
menghadapi permasalahan tersebut, untuk itu perlu kiranya untuk
mengkonsepsikan tauhid sosial dalam kurikulum PAI di SMA. Hal itu
bertujuan untuk mengetahui konsepsi tauhid sosial secara umum, serta
mengimplementasikannya dalam kurikulum PAI di SMA.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library
research (penelitian kepustakaan). Pendekkatan yag digunakan dalam
penelitian kepustakaan ini adalah hermeneutika, yang digunakan untuk
mengkaji secara mendalam konsep tauhid sosial secara umum. Dengan
menggunakan sumber-sumber yang relevan, baik sumber primer maupunn
sumber sekunder. Adapun metode pengumpulan dan analisis data dalam
penelitian ini menggunakan dokumentasi data dan analysis isi.
Hasil penelitian ini adalah konsep tauhid sosial yang dapat diartikan
sebagai aktualisasi dan memanifestasikan elemen-elemen tauhid (ketuhanan)
dengan realitas sosial. Tauhid sosial dijadikan landasan utama dalam mengkaji
problem-problem sosial yang harus dipahami secara integratif antara realitas
dan ketuhanan. Hal itu bertujuan untuk membentuk nalar generasi muda yang
berkualtas rohani dan jasadi. Tauhid dan sosial dijadikan satu unsur dalm
mengkaji fenomena-fenomena yang terjadi di dalam kehidupan ini. Adapun
untuk implementasinya dalam kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di
SMA dapat diketahui dari aspek-aspek yang terdapat dalam tujuan, isi, dan
evaluasi. Tujuan kurikulum tauhid sosial adalah untuk membentuk kkesadaran
peserta didik dalam dunia, dengan dilandasi nilai-nilai ketuhanan (agama) dan
sosial (keduniaan). Isi dari kurikulum yang hendak dicapai mencakup
pemahaman kegamaan dan pemahaman realitas sosial. Evaluasi tauhid sosial
lebih dititiberatkan kepada kemampuan peserta didik terhadap materi-materi
tauhid sosial serta kemampuan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan.
date: 2015-05-19
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   DIAH CHINTIA, NIM.11410035  (2015) IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16437/2/11410035_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16437/1/11410035_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf